Saintek Jalin MoA dengan Guilan University
Operation Sabtu, 22 Februari 2014 . in Berita . 2172 views
172_saintek-jalin-moa-dengan-guilan-university.jpg

GEMA-Untuk mendukung UIN Maliki Malang menuju World Class University (WCU), Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) lakukan kolaborasi riset level internasional.

Terbukti dengan adanya kunjungan fakultas Saintek ke Guilan University dalam rangka Momerandum of Activity(MoA) antara pihak Fakultas Saintek dengan beberapa fakultas di Guilan University untuk kolaborasi riset (5-9/2).

Dalam rangka Mengiatkan kerjasama dengan pihak luar negeri, Fakultas Saintek lakukan kerjasama dengan Guilan University yang terletak di Rash provinsi Gilan, Iran. Guilan University merupakan universitas di negara muslim yang memiliki sains dan teknologi yang cukup maju, pasalnya pemerintah di Iran sangat mendukung penelitian di Perguruan Tinggi (PT) untuk kegiatan  industri.

Dekan Fakultas Saintek, Bayyinatul Muchtaromah, mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut mereka disambut langsung oleh Staff Ahli Wakil Republik Islam Rash, Kepala Office Rash dan Kepala Riset Center.

Dosen asal Sidoarjo itu menjelaskan hasil dari kunjungan tersebut yaitu adanya kesepakan kerjasama untuk kolaborasi riset antara pihak Guilan University dengan jurusan-jurusan di Fakultas Saintek. “Diantaranya yaitu kerjasama untuk Jurusan Biologi, Kimia, dan Farmasi yaitu Comparison between medical properties of similar plant from north of Iran and Indonesia in vitro and in vivo Student yang dari pihak Guilan University akan bekerjasama dengan Prof. Reyhach Sanni,” terangnya sambil memperlihatkan beberapa daftar penelitian hasil MoA. Sementara di bidang Fisika, Lanjutnya yaitu penyulingan air asin menjadi air tawar serta renewable energy untuksolar energy dan win energy sebagai sumber energi baru untuk pembnagkit listrik terutama sangat baik untuk diterapkan di daerah tandus.

“Untuk di jurusan Teknik Informatika akan bekerjasama di bidang robotika dan medical software dan Jurusan Matematika, yaitu statistic analysis & modellying on several area,” terangnya. Selanjutnya Dosen yang menyelesaikan S3nya di Universitas Brawijaya itu menambahkan bahwa untuk Jurusan Asitektur akan kolaborasi riset tentang teori arsitektur islam di masjid Indonesia dan Iran serta peran penangkap angin dalam menyelesaikan kondisi ideal dalam kondisi masjid di Iran dari pihak Dekan Arsitektur Guilan University yaitu Dr. Sayed youssef ams.

“Menindak lanjuti kerjasama ini, antar pihak Guilan University dan Fakultas Saintek maka  untuk tiga bulan mendatang proposal harus selesai,” jelasnya. Beliau berharap dengan adanya kerjasama riset level internasional tersebut serta adannya interaksi dengan orang asing dapat meningkatkan kulitas penelitian pada Fakultas Saintek. (js)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up