Kabiro AAKK Jelaskan Program Akademik pada PBAK Pascasarjana UIN Malang
Abadi Wijaya Selasa, 27 Agustus 2024 . in Berita . 91 views
7681_pasca.jpg
Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I saat menyampaikan materi program akademik kepada 399 mahasiswa baru Program Pascasarjana UIN Malang.

HUMAS UIN MALANG - Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Wahid Murni, M.Pd., baru saja menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang diikuti 399 mahasiswa baru. Acara ini menjadi momen penting bagi para mahasiswa baru untuk mengenal lebih dalam berbagai program akademik yang ditawarkan di Pascasarjana UIN Malang. Selasa, 27 Agustus 2024.
Salah satu sesi yang mencuri perhatian adalah paparan dari Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK), Dr. H. Barnoto, M.Pd.I. Dalam presentasinya, Dr. Barnoto memberikan wawasan mendalam tentang birokrasi akademik dan program strategis yang sedang dan akan dijalankan di UIN Malang. Salah satu poin utama yang disampaikan adalah mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) program pascasarjana, yang dilakukan setiap semester, dengan setidaknya dua kali penerimaan setiap tahunnya.

7678_maba.jpg


"Setidaknya dalam setahun dilakukan dua kali," jelas Dr. Barnoto, menegaskan bahwa UIN Malang memberikan berbagai jalur masuk, seperti Jalur Mandiri yang terbagi menjadi Reguler, Fast Track, dan ISS, serta berbagai beasiswa seperti BIB-LPDP dan Skema Kerjasama.
Lebih lanjut, Dr. Barnoto menyoroti tahapan pengembangan akademik yang tertuang dalam Roadmap UIN Malang, yang saat ini telah memasuki tahap empat dan lima (2021-2030), dengan fokus pada pengakuan dan reputasi internasional. Tahapan ini, menurutnya, merupakan kelanjutan dari upaya untuk memperkuat fondasi akademik dan meraih pengakuan regional yang sudah dimulai sejak 2006.
Sebagai bagian dari pengembangan akademik, UIN Malang menerapkan paradigma Integrated Learning Model, yang mengintegrasikan ilmu agama dengan sains, berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits. Hal ini diwujudkan dalam struktur kurikulum berbasis Ulul Albab dan moderasi beragama, yang mencakup nilai-nilai anti korupsi dan kebijakan lainnya yang sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.
Tidak hanya itu, Dr. Barnoto juga memaparkan pentingnya integrasi kelembagaan di UIN Malang, yang memadukan sistem pendidikan pesantren dengan pendidikan tinggi. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan berkarakter Ulul Albab, dengan empat pilar utama: Kedalaman spiritual, Keagungan akhlak, Keluasan ilmu, dan Kematangan profesional.
Dalam penutupnya, Dr. Barnoto menjelaskan lima sasaran strategis bidang akademik UIN Malang, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat, serta program akademik menuju akreditasi internasional. UIN Malang kini tengah melakukan langkah riil tahapan untuk meraih akreditasi dari lembaga internasional seperti FIBAA dan ASIIN, serta menempatkan diri di peta internasional melalui QS World University Rankings (QS-WUR).
Dengan langkah-langkah strategis ini, UIN Malang semakin menunjukkan keseriusannya dalam mewujudkan visi sebagai kampus yang unggul bereputasi internasional, menjadikan PBAK Pascasarjana kali ini sebagai langkah awal yang penuh inspirasi bagi mahasiswa baru.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up