Mantapkan Langkah, 399 Mahasiswa Baru Ikuti Orientasi Pascasarjana Semester Ganjil 2024
Abadi Wijaya Selasa, 27 Agustus 2024 . in Berita . 120 views
7678_maba.jpg

Humas UIN Malang - Sebanyak 399 Mahasiswa Baru Program Magister dan Doktor Semester Ganjil 2024/2025, mengikuti rangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 27 Agustus 2024.

Dalam agenda itu, dihadiri oleh Wakil Rektor 4, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Kabiro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Wahidmurni, M.Pd, beserta Kaprodi dan Sekprodi masing-masing Program Magister maupun Doktor. 

Di awal orientasi, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Wahidmurni, M.Pd mengucapkan selamat atas kedatangan dan menyambut bahagia para maba yang telah memulai perjalanan studinya di Kampus Unggul Bereputasi Internasional, UIN Malang. Pasalnya, mereka yang diterima berada di tempat yang tepat, yaitu kampus dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau.

"Selamat kepada mahasiswa baru magister dan doktor yang telah diterima di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, kampus unggul bereputasi internasional sekaligus biaya studinya yang murah se-Indonesia," sambutnya.

7679_maba.jpg

Selain itu, Prof. Wahid, sapaan akrabnya, menceritakan bahwa UIN malang menduduki peringkat 1 PTKIN se-Indonesia dan urutan 16 universitas Islam terbaik di dunia berdasarkan Unirank (lembaga survei nasional). Oleh karena itu, ia mengajak serta mengenalkan unsur pimpinan prodi kepada maba untuk saling bersinergi yang ditandai dengan simbolis penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa dan mahasiswi.

7680_maba.jpg

Dr. H. M. Fahim Tharaba, M.Pd, selaku ketua panitia orientasi ini, melaporkan bahwa jumlah mahasiswa baru Program Magister dan Doktor semester ganjil tahun akademik 2024/2025 sejumlah 324 (mahasiswa magister) dan doktor 75 (mahasiswa doktor). Ia mengaku senang orientasi itu sukses, "Alhamdulillah orientasi mahasiswa baru magister dan doktor berjalan dengan lancar," syukurnya.

Doktor sekaligus Kaprodi S2 MPI itu juga menjelaskan kapan dan tujuan kegiatan ini diadakan. Tujuannya adalah bentuk pengenalan mahasiswa baru dengan lingkungan akademik di Pascasarjana. "Jadi, tujuan orientasi ini adalah sebagai pengenalan kepada mahasiswa baru tentang lingkungan dan budaya akademik pascasarjana hingga hari Kamis besok," ungkapnya.

Ditanya soal bagaimana rasanya kuliah di Pascasarjana UIN Malang, salah satu maba prodi S2 Ahwal Syakhsiyyah, Qonita Najmah Fairusah, mengaku senang. Dia mengatakan "kesan pertama sampai di sini asyik dan kebetulan orang tua juga menyarankan di sini (Pasca UIN Malang, red) saja karena dekat dari rumah," ujar mahasiswi asal Probolinggo itu.

Sebagai informasi, di hari pertama ini, mahasiswa baru menerima berbagai materi berkaitan dengan Kebijakan Akademik dan Kerjasama serta materi tentang Sistem Administrasi Keuangan UIN Malang yang disampaikan oleh jajaran Wakil Rektorat maupun Biro AAKK UIN Malang. Rencananya, besok Rabu para mahasiswa dijadwalkan akan mengikuti orientasi program studi masing-masing, dan Kamisnya para maba akan mengikuti materi academic writing yang akan disampaikan oleh Dr. Basri, M.A., Ph.D

Kontributor: Labib Mustofa dan Muhammad Abi Hamzah

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up