Mereview Naskah Jurnal Bukan untuk Mencela Kualitasnya
Iffatunnida Rabu, 21 Agustus 2024 . in Berita . 94 views
7635_work213.jpeg


UIN MALANG-Workshop kedua yang dihelat Pusat Publikasi Ilmiah LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berfokus pada pemilihan reviewer dan tata cara mereview (menelaah) naskah di jurnal ilmiah. Dr. Hasan Baharun, M.Pd. dari Universitas Nurul Jadid Probolinggo diundang untuk menjadi narasumber utama dalam Workshop bertema Mastering Excellence: Peningkatan Kualitas Reviewer Jurnal Bereputasi yang bertempat di Ruang Meeting Gedung Rektorat lt. 3, Rabu (21/8). Sebelum memasuki inti dari materinya, ia mengingatkan bahwa tugas reviewer saat menelaah naskah bukan untuk mencela. “Meski kualitasnya buruk, jangan dijelek-jelekkan. Kita kembali pada tugas utama Reviewer,” ujar Hasan.
Ketika menelaah, kata Hasan Baharun, hal yang harus diingat Reviewer adalah tugasnya memberikan masukan konstruktif kepada penulis. Sehingga, saat merevisi, penulis tahu bagian mana saja dari naskahnya yang harus diperbaiki. Dalam tahap mereview, yang dilakukan reviewer adalah menilai kualitas naskah, juga kontribusinya terhadap perkembangan keilmuan. Tak hanya itu, review naskah berarti menjaga standar publikasi jurnal ilmiah.

7634_work212.jpeg


Tentunya, masih kata Hasan, hal-hal yang harus diberi komen dalam sebuah naskah ilmiah sesuai dengan template yang ditetapkan masing-masing jurnal. Contohnya, dalam abstrak, apakah jumlah kata sesuai, apakah seluruh konten naskah terwakili, dan sebagainya.
Workshop Mastering Excellence: Peningkatan Kualitas Reviewer Jurnal Bereputasi mengudang seluruh pengelola jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tak hanya pengelola dari jurnal yang dimiliki prodi, tetapi juga pengelola dari kalangan mahasiswa yang menangani URJ (Undergraduate Research Journal). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Rumah Jurnal-Pusat Publikasi Ilmiah LP2M untuk meningkatkan profesionalitas pengelola jurnal ilmiah di kampus berlogo Ulul Albab ini. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up