Peduli Kemanusiaan, UIN Malang Hidupkan Peran Bapak Asuh bagi Anak-Anak PMI di Negeri Jiran
Abadi Wijaya Selasa, 27 Agustus 2024 . in Berita . 159 views
7671_malay.jpg

HUMAS UIN MALANG - Turut ambil peran kemanusiaan, UIN Malang bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) berkomitmen menjadi bapak asuh dari anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI), 23 Agustus 2024 lalu.

Kegiatan yang berlangsung hingga 24 Agustus di Nilai Golf & Resort, Negeri Sembilan itu dihadiri oleh Kedutaan Besar RI di Malaysia, H.E Hermono, Puslabdik Kemendikbudristek RI, dan seluruh pimpinan perguruan tinggi negeri, tak terkecuali pimpinan UIN Malang. 

Dalam hal ini, Prof. Dr. Umi Sumbulah M.Ag (Wakil Rektor I) hadir mewakili Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Di mana mereka membahas penyusunan komitmen universitas untuk menjadi bapak asuh dari anak-anak PMI. Selain itu, ada sharing session Atdikbud with INTI International University yang bertajuk "QS Ranking Experiment and Achivements", dan penyusunan laporan kegiatan.

Dalam rapat tersebut, disebutkan bahwa pengentasan kemiskinan dan masalah pekerja migran, khususnya bagi anak pekerja migran Indonesia (PMI). Diantaranya, berkontribusi untuk mengurangi kemiskinan dan meringankan beban pekerja imigran harus diperhatikan.

Kontribusi ini diwujudkan dengan adanya penerimaan mahasiswa melalui jalur afirmasi dan kemitraan, baik dengan beasiswa dari pemerintah maupun beasiswa kampus bagi anak PMI yang studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga mewadahi implementasi Program Merdeka Belajar melalui KKM Internasional (Kampus Mengajar Internasional) di 402 Pusat Pembelajaran Komunitas (CLC) di Sabah dan Serawak dengan 18.247 siswa dan 57 Pusat Pembelajaran Komunitas (CLC) atau Sanggar Bimbingan di Semenanjung dengan lebih dari 2.000 siswa. (sf)

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up