Peserta BLKK dari Tiga Provinsi Menganalisis Rencana Strategis
Iffatunnida Senin, 5 Agustus 2024 . in Berita . 88 views
7473_blkk5.jpeg
Coach Abdul Hamid Hasan membina cara analisis SWOT peserta BLKK dalam workshop yang diadakan LP2M UIN Malang


UIN MALANG-Untuk membantu 23 perwakilan BLKK dari Provinsi Jawa Timur, NTB, dan NTT, LP2M UIN Malang mengundang Abdul Hamid Hasan, CEO DigiPreneur Lembaga Edukasi dan Digitalisasi UKM. Pemilihan Hamid sebagai pelatih dalam sesi awal FGD “Pendampingan Penguatan Kelembagaan dan Pendaftaran Sipensi Balai Latihan Kerja Komunitas Menjadi Inkubator Wirausaha” di Royal Orchids Garden Hotel, Kota Batu bukan tanpa alasan. Sejak 2016, ia sudah membimbing beragam UKM untuk mengembangkan usahanya. Kini, ia sudah memiliki sekitar 2000an tenants bimbingan.
Mengawali sesinya, ia dan tim mengajak peserta untuk menganalisis bibit-bibit wirausahan di sekitar BLKK-nya. Empat hal yang diminta Hamid untuk dianalisis, yakni pengguna, kebutuhan, insight, dan cara. Meski nampak simpel, ia menyatakan tidak semua bisa dengan teliti menganalisis hal-hal tersebut. Kalaupun sudah, belum mendalam. “Kadang ada analisa yang tidak pas,” imbuhnya.
Coach Hamid, sapaan akrabnya menyatakan, cara menganalisis yang biasa diterima oleh BLKK di daerah-daerah adalah template dari pusat. Akhirnya, orang-orang terbiasa menyalin tanpa disesuaikan dengan situasi dan kondisi di area masing-masing. “Akibatnya apa? Analisisnya tidak menyentuh akar. Masalah inti tidak ditemukan,” jelas Pelatih yang khas dengan peci tingginya itu.
Dengan hanya menyalin tanpa memikirkan mendalam, lanjut Hamid, proposal yang dihasilkan tidak cocok dengan potensi daerah. Maka, ia pun mengajak peserta untuk menggali insight dengan sangat mendalam. Dibantu Coach Eko, peserta dipaksa untuk mengeluarkan seluruh potensi di daerahnya masing-masing. Setelahnya, peserta akan diminta membuat proposal yang insightful berdasarkan hasil analisis. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up