Rektor UIN Malang Hadiri Koordinasi Persiapan Kuliah Perdana di Fakultas Ekonomi
Abadi Wijaya Rabu, 21 Agustus 2024 . in Berita . 73 views
7636_rektor.jpg

HUMAS UIN MALANG – Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hari ini menggelar rapat koordinasi persiapan kuliah perdana, yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Misbahul Munir, M.Si. Acara yang berlangsung di ruang pertemuan Fakultas Ekonomi lantai 3 ini turut dihadiri oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. Rabu, 21 Agustus 2024.

Dalam pembukaan rapat, Dr. Misbahul Munir melaporkan bahwa saat ini Fakultas Ekonomi memiliki lima mahasiswa asing. Jumlah mahasiswa baru tahun ini juga mengalami peningkatan signifikan mencapai 35 persen. "Memiliki mahasiswa asing tentu memiliki tantangan tersendiri, khususnya dalam hal bahasa," ungkapnya. Ia juga menyebut bahwa salah satu mahasiswa dari Yaman memiliki keterbatasan dalam berbahasa Inggris, namun mereka diharuskan mengikuti pembinaan melalui program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) yang ada di UIN Maliki Malang.

7637_pes.jpg

Menanggapi laporan tersebut, Prof. Zainuddin menekankan pentingnya perlakuan khusus bagi mahasiswa asing, mengingat perbedaan budaya, bahasa, dan karakter sosial. "Saya juga mendapat laporan bahwa ada beberapa dari mereka meminta fasilitas khusus seperti shower, air hangat, dan juga kulkas," ungkapnya.

Rektor juga menegaskan bahwa fasilitas penunjang pembelajaran harus dipenuhi dan kurikulum harus selalu diperbarui. Ia menekankan pentingnya pendekatan Outcome Based Education (OBE) bagi seluruh dosen di UIN Maliki Malang. "Dosen UIN harus memberikan pembelajaran berbasis integrasi, yaitu bagaimana belajar ekonomi dari perspektif Islam yang humanis dan jauh dari riba," tegasnya.

Mengakhiri arahannya, suami dari Ibu Shofiyah ini berharap visi dan misi UIN Malang bisa terwujud untuk menjadi kampus unggul dan bereputasi internasional. "Semoga kampus ini terus berkembang dan menjadi kampus yang unggul bereputasi internasional," pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up