Tingginya Publikasi UIN Malang di Jurnal Internasional
Iffatunnida Kamis, 8 Agustus 2024 . in Berita . 138 views
7502_workppi.jpeg
Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M mengadakan workshop bagi pengelola jurnal di UIN Malang dengan menghadirkan Faizal Risdianto, dari UIN Salatiga


UIN MALANG-Menurut rangking seluruh PTKIN di Indonesia dalam kategori jumlah artikel yang terbit di jurnal terindeks Scopus, posisi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ialah nomor 4. Hal ini, menurut Ketua LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., membanggakan karena sebagai bukti bahwa sivitas akademik di kampus berlogo Ulul Albab sangat produktif secara akademis. Ia bersyukur bahwa jumlah tinggi publikasi ini akan membantu reputasi UIN Malang bertahan sebagai kampus unggul. Ia pun memotivasi seluruh pengelola jurnal yang hadir pada Workshop Strategi Jitu Menuju Indeksasi Internasional di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lt. 3, Kamis (8/8), untuk meningkatkan kualitas jurnal melalui penerimaan artikel yang bermutu, tak hanya dari dalam kampus, namun juga dari akademisi luar UIN Malang.
Hingga Agustus 2024, masih kata Prof. Agus, statistik di Repository UIN Malang menunjukkan, sudah ada 741 artikel ilmiah dari sivitas akademik yang terbit di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Jumlah yang sangat tinggi mengingat ini belum memasuki akhir tahun. “Tahun 2023 saja ada 2000an artikel yang terbit,” tambahnya.
Prof. Agus melanjutkan, tak hanya untuk memenuhi IKU pimpinan UIN Malang, penerbitan artikel ilmiah juga membantu pihak kampus dalam mengembangkan reputasi di kancah internasional. “Artikel yang terbit juga pembuktian bahwa akademisi kita serius terhadap pengembangan kualitas diri,” papar guru besar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tersebut.

7503_workppi1.jpeg


Menilik kualitas jurnal di UIN Malang, sebagai Ketua LP2M, Prof. Agus menilai bahwa progres jurnal tidak mengecewakan. Sudah banyak jurnal yang terakreditasi tinggi di Sinta. Ditambah lagi dengan penambahan 2 jurnal yang terindeks Scopus belum lama ini. Fakta ini menjadi salah satu poin untuk akselerasi kelembagaan. “Karena salah satu indikatornya adalah kampus memiliki jurnal terindeks internasional,” jelasnya.
Workshop Strategi Jitu Menuju Indeksasi Internasional digagas Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M. Untuk mengevaluasi kualitas jurnal di depan seluruh pengelola jurnal di UIN Malang, pihak PPI mengundang Faizal Risdianto dari UIN Salatiga sebagai salah satu pakar di PTKIN yang fokus pada pengembangan kualitas jurnal. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up