Gelar Wisuda ke-82: Qholbi Mutiara dari Prodi PBA Jadi Wisudawan Terbaik Universitas.
Abadi Wijaya Sabtu, 14 September 2024 . in Berita . 69 views
7798_wis44.jpg

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mencatat momen bersejarah dengan menggelar wisuda ke-82, periode 4 tahun 2024. Sebanyak 800 wisudawan resmi dikukuhkan dalam acara yang berlangsung megah di Gedung Sport Centre, Sabtu pagi.

Dibuka tepat pukul 08.00 WIB, Ketua Senat UIN Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., memimpin jalannya rapat terbuka yang diikuti dengan antusiasme tinggi oleh para wisudawan dan keluarga. Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA., dengan khidmat mengukuhkan seluruh wisudawan dari berbagai jenjang, mulai dari sarjana, magister, hingga doktor.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Ummi Sumbulah, M.Ag., menyampaikan rincian prestasi membanggakan dari para wisudawan. Tercatat, Qholbi Mutiara dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menjadi wisudawan terbaik jenjang sarjana dengan IPK 3,99. Sementara itu, Ianatut Tazkiyah dari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam berhasil meraih predikat terbaik di tingkat magister dengan IPK 3,97. Di jenjang doktor, Husnatul Hamidiyah dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengukuhkan diri sebagai yang terbaik dengan IPK 3,96. “Khususnya kepada dua wisudawan dari Sumatera, saya ucapkan selamat,” ungkap Prof. Ummi dengan bangga.

Kenaikan jumlah wisudawan tahun ini mencapai 19,87% dibandingkan periode sebelumnya, dengan dominasi wisudawan sarjana yang mencapai 94%. Fakultas Sains dan Teknologi mendominasi, menyumbang 53% dari total wisudawan. “Seperti wisuda fakultas saintek ya,” canda Prof. Ummi di tengah laporannya, menciptakan suasana hangat di aula.

Prosesi pengukuhan dimulai tepat pukul 09.00 WIB, diiringi alunan syahdu dari UKM Paduan Suara Gema Gita Bahana yang menambah suasana haru di antara hadirin. Dengan urutan dimulai dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, diikuti oleh fakultas-fakultas lainnya hingga program pascasarjana, acara berlangsung tertib dan penuh khidmat. Sorot mata bangga dan haru terpancar dari para wisudawan, orang tua, dan dosen yang menyaksikan momen bersejarah ini.

Meskipun prestasi secara keseluruhan sedikit menurun dibandingkan wisuda sebelumnya, ada pencapaian luar biasa dari program doktor yang meningkat 100% dengan dua wisudawan yang lulus tepat waktu. Hal ini semakin mengukuhkan kualitas pendidikan di UIN Malang yang terus menjunjung tinggi jargonnya, "Unggul Bereputasi Internasional".

Dengan berakhirnya prosesi ini, 800 generasi unggul resmi menyandang gelar, siap menghadapi tantangan dunia nyata, membawa nama UIN Malang ke panggung global. (fat/*).

Reporter: Fatma

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up