Menwa UIN Malang Gelar SUSKABINTALNAS Angkatan XI: Membangun Kader Bermental Baja
Abadi Wijaya Senin, 2 September 2024 . in Berita . 73 views
7720_siap.jpg
SELAMAT: Kabiro AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I menyalami salah satu peserta SUSKABINTALNAS ke XI di Arhandud Kota Batu, Senin, 2 September 2024.

HUMAS UIN MALANG-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menunjukkan komitmennya dalam membina mental generasi muda dengan menyelenggarakan Pendidikan Kursus Kader Pembinaan Mental Nasional (SUSKABINTALNAS) Angkatan XI. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama tujuh hari dimulai pada Senin, 2 September 2024 di Pusat Pendidikan Arhanud Kota Batu.

7721_laki.jpg


Acara ini diikuti oleh perwakilan Menwa dari 13 perguruan tinggi se-Indonesia yang dalam arti kegiatan berskala nasional
Dalam upacara pembukaan yang berlangsung penuh khidmad dan hadir Kepala Biro AAKK UIN Maliki Malang, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I., sekaligus sebagai Inspektur upacara dan membuka secara resmi upacara tersebut yang didampingi oleh I Made Suryawan S.Sos Brigadir Jenderal TNI (Danpusdik Arhanud) dan Letkol Inf Riduwan, S, Ag,.M.I.P. (Kalak Bintaldam V/BRW).

Dalam sambutannya, Dr. Barnoto menekankan pentingnya pembinaan mental yang kuat bagi anggota Resimen Mahasiswa sebagai salah satu komponen cadangan dalam sistem pertahanan negara. "Kursus Kader Pembinaan Mental Nasional ini dirancang untuk membentuk mental dan karakter anggota Resimen Mahasiswa yang tangguh, demi tercapainya harapan bangsa Indonesia," ujar Barnoto dengan penuh keyakinan.
Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya peran aktif Resimen Mahasiswa dalam usaha bela negara. "Resimen Mahasiswa bukan hanya wadah keikutsertaan mahasiswa dalam bela negara, tetapi juga sebagai komponen kekuatan pertahanan yang harus memiliki mental kuat sebagai unsur rakyat terlatih," lanjutnya.

7722_perempuan.jpg


SUSKABINTALNAS ini diharapkan dapat melahirkan kader-kader yang tidak hanya berdisiplin tinggi dan bermoralitas, tetapi juga beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kader-kader ini nantinya akan menjadi pembina bagi anggota Resimen Mahasiswa generasi berikutnya, sesuai dengan harapan bangsa Indonesia.
Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini juga menjadi momentum untuk mengenang peran pemuda dalam perjuangan bangsa di masa lampau. "Sejarah telah mencatat peran besar pemuda, termasuk pelajar dan mahasiswa, dalam perjuangan bangsa. Oleh karena itu, pembinaan seperti ini sangat penting," tegas Barnoto.
Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, para peserta SUSKABINTALNAS Angkatan XI diharapkan dapat menyelesaikan pelatihan ini dengan sukses, siap untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan bermental baja.

7723_bareng.jpg

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up