Pelatihan Wikisource di UIN Malang: Efektif dan Interaktif
Abadi Wijaya Kamis, 12 September 2024 . in Berita . 71 views
7783_latihan.jpg

HUMAS UIN MALANG, Kamis (12/9) – Sebagai bagian dari kegiatan Pekan Kunjung Perpustakaan, Perpustakaan UIN Malang mengadakan pelatihan penyuntingan dasar Wikisource yang berlangsung di Ruang Literasi Informasi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan 10 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA). 

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih peserta dalam penyuntingan di Wikisource, sebuah platform digital yang memuat naskah sumber pertama seperti buku, dokumen bersejarah, pidato, serta karya-karya lain yang sudah masuk dalam domain publik atau berada di bawah lisensi terbuka CC-BY-SA.

Menurut Kepala Perpustakaan UIN Malang, Mufid, M. Hum, pembatasan jumlah peserta menjadi kunci keberhasilan pelatihan ini. "Kuota peserta dibatasi 20 orang supaya mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pelatihan ini," ujarnya saat diwawancarai.

7784_presentasi.jpg

Rahma, staf GLAM Wikimedia Indonesia selaku pemageri dalam kegiatan ini, menjelaskan bahwa Wikisumber di Indonesia telah dikembangkan dalam empat bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jawa, Bali, dan Sunda. “Wikisource atau Wikisumber menyimpan naskah-naskah penting seperti buku, esai, dokumen bersejarah, dan manuskrip yang bisa diakses oleh siapa saja,” jelas Rahma.

Dengan suasana yang kondusif dan jumlah peserta yang terbatas, pelatihan ini berjalan efektif dan interaktif. Para peserta pun antusias belajar cara menyunting dan berkontribusi dalam pengembangan literasi digital melalui Wikisource.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pelestarian dan penyebaran naskah-naskah penting melalui platform digital. 

Reporter: Azman

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up