Peluang Karir Terbuka Lebar, Halal Center UIN Malang Ajak Alumni Manfaatkan Industri Halal di Indonesia
Abadi Wijaya Minggu, 15 September 2024 . in Berita . 87 views
7808_halal.jpeg

HUMAS UIN MALANG – Sebagai peluang karir di sektor industri halal yang menjanjikan dan tengah berkembang pesat, Halal Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengenalkan peran penyelia halal dan auditor halal dalam sosialisasi yang bertajuk "Youth Halal Agent" atau Pejuang Halal Muda pada Jumat kemarin (13/9/2024).

Acara ini disampaikan saat pra Yudisium Periode IV Tahun 2024 yang ditujukan bagi para alumni Fakultas Saintek agar mereka mengedepankan pentingnya peran generasi muda sebagai  pejuang dan Pendamping halal dalam mendukung sertifikasi halal di Indonesia. Bersama pengasuh Youth Halal, Bapak Ghanaim atau yang akrab dipanggil Pak Naim, dosen prodi Kimia UIN MALANG dan narasumber Eny Yulianti, Kepala Halal Center UIN Malang menjelaskan bahwa Pendamping Halal bertugas mendampingi pelaku usaha dalam proses sertifikasi produk halal.

Dari segi potensi penghasilan, profesi pendamping halal ini dapat memberikan pendapatan tambahan yang menarik. Setiap pendamping akan mendapatkan Rp 150.000 untuk setiap sertifikat halal yang terbit dari pelaku usaha yang dibantu atau didampingi.

Proses Pengurusan Sertifikat halal kategori self declare ini sepenuhnya gratis ditanggung pemerintah.  Mengingat, jumlah pelaku usaha yang semakin banyak dan bersaing di masyarakat dengan memastikan produknnya halal, peluang ini terbuka lebar bagi mereka yang berkomitmen dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam proses sertifikasi.

Sementara itu, profesi penyelia dan auditor halal menawarkan pendapatan yang lebih besar, mengingat tanggung jawabnya yang lebih kompleks dalam mengawasi dan mengaudit proses halal dari awal hingga akhir. Peluang ini cocok bagi alumni yang memiliki latar belakang di bidang sains dan teknologi, terutama yang ingin berkontribusi di sektor halal yang terus berkembang.

Kepala Halal Center UIN Malang menyatakan bahwa program ini sangat relevan bagi alumni yang ingin terlibat dalam industri halal. "Peluang karir sebagai pendamping, penyelia, maupun auditor halal merupakan langkah strategis untuk memanfaatkan pertumbuhan industri halal di Indonesia. Selain memberikan penghasilan yang lumayan, profesi ini juga memiliki dampak positif bagi masyarakat luas," tuturnya.

Sebagai informasi, pelatihan pelatihan pendamping halal yang diselenggarakan oleh Halal Center UIN Malang ini dapat diikuti oleh para alumni dan masyarakat luas secara gratis. Untuk jadwal pelaksanaan pelatihan tersebut, dapat memantau informasinya melalui sosial media (Instagram) Halal Center UIN Malang. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para alumni Fakultas Saintek dapat memanfaatkan peluang karir di Halal Center serta berperan aktif dalam mengembangkan ekosistem halal di Indonesia. (sf)

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up