Pengabdian Masyarakat Internasional UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada Komunitas Muslim Business Matching (MBM) Bangkok, Thailand
Abadi Wijaya Minggu, 1 September 2024 . in Berita . 110 views
7713_mbm.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam rangka mewujudkan komitmen peningkatan kerjasama internasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengirimkan delegasi untuk berkontribusi nyata pada masyarakat skala global. Bentuk kontribusi tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan pengabdian masyarakat internasional pada komunitas muslim di Thailand yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya serta Forum Akuntansi Manajemen dan Ekonomi (FAME) pada kegiatan International Academic Program Thailand yang berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2024 di Hotel Al Meroz Bangkok, Thailand. 

Komunitas Muslim Business Matching (MBM) International Thailand yang menjadi sasaran pengabdian masyarakat internasional pada kesempatan kali ini merupakan sebuah komunitas muslim yang beranggotakan ratusan pengusaha muslim Thailand dengan latar belakang bisnis yang bermacam-macam, antara lain trading, perbankan, rumah sakit, alat kesehatan, lembaga konsultan dan lain-lain. 

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat internasional yang diikuti oleh kurang lebih seratus peserta dari Thailand dan Indonesia tersebut, delegasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang terdiri dari tiga orang yaitu Sekretaris Program Studi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana, Dr. Meldona, MM., Ak., CA., serta dosen dari Fakultas Ekonomi, Dr. Sulis Rochayatun, SE., M. Akun., Ak., CA., CSRS. dan Yona Octiani Lestari, SE., MSA., CSRS.

7718_mbm.jpg

Turut berpartisipasi serta berkolaborasi dalam hal pendampingan terhadap UKM terutama terkait Islamic Finance for SMEs dan Halal Tourism yang relevan dengan perkembangan update dan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.

Presiden MBM International, Mr. Ittirit Wisessak yang turut hadir pada acara tersebut menyambut dengan sangat hangat dan merasa senang atas kunjungan akademisi dari Indonesia ini. Sesi sharing pengalaman dan diskusi yang berlangsung di Hotel Al Meroz, Bangkok, Thailand ini berjalan dengan sangat antusias, karena pengusaha muslim Thailand sangat berharap terbukanya dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia terkait kemudahan prosedur dan regulasi sertifikasi halal bagi produk luar negeri, khususnya dari Thailand.

7715_mbm.jpg

Sekalipun Thailand bukan merupakan negara Organization Islamic Cooperation (OIC), namun memiliki jaminan produk halal yang berskala internasional, sehingga mereka berharap dapat mengembangkan bisnisnya hingga dapat ekspor produk ke Indonesia. 

7717_mbm.jpg

Bagi dosen UIN Malang, kegiatan ini merupakan implementasi perwujudan visi lembaga sebagai perguruan tinggi yang berdaya saing internasional, serta memberikan manfaat yang sangat besar, karena memberikan pengalaman yang sangat berharga, dapat meningkatkan keluasan wawasan, menambah jaringan kerjasama serta membuka peluang kerjasama baru lainnya pada skala internasional. (sf)

Kontributor: Prof. Asnawi

Editor: Sulthan Fathani Elsyam

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up