Peringatan Maulid Nabi dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim ke-624 di Gresik
Abadi Wijaya Minggu, 15 September 2024 . in Berita . 188 views
7805_panggung.jpg

HUMAS UIN MALANG - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim ke-624 berlangsung khidmat di Gresik pada Minggu (15/9). Acara ini dihadiri oleh para habaib, masyayikh, kyai, serta sejumlah pejabat daerah, termasuk Bupati Gresik, Ketua PCNU Kabupaten Gresik, pengurus makam auliya’, dan Kapolsek Gresik.

Peringatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pengelola Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, dengan tujuan untuk meningkatkan spiritualitas masyarakat, terutama di wilayah Gresik. Acara berlangsung lancar dan khusyuk, mencerminkan kebersamaan dan semangat persatuan umat Islam dalam menghormati dan mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW serta Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, turut menghadiri acara ini bersama sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Kehadirannya mewakili Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, yang berhalangan hadir.

Dr. H. Barnoto beserta rombongannya menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kesuksesan acara tersebut. Partisipasi mereka menjadi wujud nyata komitmen UIN Malang dalam memperkuat hubungan dengan masyarakat dan tokoh-tokoh Islam di Gresik.

7813_foto-bersama.jpg

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, Taufiq Harris, mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan panitia yang telah berpartisipasi dalam acara ini. 

"Saya mewakili teman-teman pengurus Yayasan Makam Maulana Malik Ibrahim dan panitia acara mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh hadirin yang datang pada rangkaian acara hari ini," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, S.E., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan harapan agar selalu diberikan keistiqomahan. 

"Saya atas nama Pemerintah Gresik, Alhamdulillah kita patut bersyukur bisa mengikuti acara ini setiap tahunnya. Semoga kita selalu diberikan keistiqomahan dan dikumpulkan bersama orang-orang saleh," ujar Bupati Gresik.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke-624 Syekh Maulana Malik Ibrahim ini berjalan dengan lancar. Acara ini tidak hanya menjadi momentum spiritual, tetapi juga ajang silaturahmi antara para tokoh agama, pejabat, dan masyarakat Gresik. Kehadiran berbagai elemen masyarakat memperlihatkan kekompakan dan rasa hormat terhadap sejarah dan nilai-nilai agama.

7814_ziaroh.jpg

Sebagai bagian dari program tahunan Yayasan Pengelola Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, acara ini diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran spiritual masyarakat serta mengenang jasa dan keteladanan Syekh Maulana Malik Ibrahim sebagai salah satu penyebar Islam di tanah Jawa.

Reporter: Azman Fawwazi

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up