SANTRI AKTIF DAN SEHAT: RUTINITAS OLAHRAGA HARIAN BENTUK KARAKTER DAN DISIPLIN MAHASANTARI UIN MALANG
Abadi Wijaya Minggu, 1 September 2024 . in Berita . 93 views
7705_ma-had.jpg

HUMAS UIN MALANG- Di tengah padatnya kegiatan sebagai seorang mahasiswa baru (Maba) yang sekaligus juga menjadi seorang mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang setiap harinya terdapat kegiatan ruhaniyah sebagai seorang santri di Ma'had tentu kesehatan dan stamina tetap harus dijaga. (Minggu, 01 September 2024)

Sore ini tampak para mahasantari putra Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly (MSAA) tengah asik dan bergembira melakukan aktivitas olahraga fisik dengan bermain voli dan tenis meja di lapangan Ma’had. Dengan menggunakan sarung sebagai ciri khas dari seorang santri, mereka tetap bisa bermain dan berolahraga bersama mahasantri lainnya, mulai dari mabna Al-Ghazali sampai mabna Al-Farabi.

Selain kebutuhan rohani, kebutuhan jasmani juga sangat dibutuhkan oleh para mahasantari MSAA dalam keseharian mereka. sebagai bentuk wujud pemenuhan kebutuhan sarana dan prasana mahasantri. Pihak ma’had telah menyediakan beberapa fasilitas seperti alat olahraga volly ball dan lapangan tenis meja yang tersedia disetiap mabna

Mizan Haidar mahasantri mabna Al-Ghazali memberikan respon positif terhadap adanya aktivitas jasmani. "Dengan adanya kegiatan olahraga seperti ini teman-teman merasa senang karna dapat membantu mengisi kekosongan waktu kami sebagai mahasantari sehingga menjadikan kami aktif dan sehat, dan juga dengan adanya aktivitas seperti ini menjadikan mahasantari tidak berkeluyuran untuk mengisi kekosongan waktu mereka". Ucapnya dengan tersenyum.

7706_ma-had.jpg

Tidak dapat dipungkiri menjadi seorang mahasiswa baru UIN Malang menjadi tantangan tersendiri, karna selain menjalankan aktivitas sebagai seorang mahasiswa, mereka juga harus menjadi seorang santri/mahasantari aktif layaknya di pondok pesantren. karna hanya UIN Malang sahaja satu-satunya kampus/perguruan tinggi negeri yang mampu memadukan antara tradisi kemahasiswaan dengan tradisi kepesantrenan menjadi satu dalam lingkup Perguruan Tinggi.

"Terakhir saya mewakili teman-teman lainnya mengucapkan terimakasih kepada Kampus khususnya kepada MSAA yang telah memberikan fasilitas olahraga yang bisa dinikmati oleh semua mahasantari, kami sangat senang dengan adanya fasilitas olahraga ini sehingga kami dapat bermain dan berolahraga serta memperkuat rasa kekeluargaan di lingkungan Ma'had Sunan Ampel Al 'Aly ini". Tutur mahasantari MSAA tersebut.

Reporter: Muhammad Syahri.R

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up