Dua Kali Pertemuan: Bule Bisa Main Karawitan
Operation Selasa, 15 Januari 2013 . in Berita . 1167 views
145_deakin-karawitan.jpg

GEMA-Proses pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia oleh kelas guru dan mahasiswa Jurusan Seni dan Kebudayaan Universitas Deakin Australia di UIN Maliki ternyata membuahkan hasil yang cukup menggembirakan (14/1).

Misalnya saja proses pembelajaran budaya karawitan yang tergolong langka dipelajari oleh generasi muda Indonesia. Anehnya, bule yang belajar seni kebudayaan Jawa di UIN Maliki itu dengan cepat menguasai seni karawitan.

Dua kali pertemuan, khusus kelas guru yang berjumlah 19 orang itu sudah tampak piawai mengiramakan lantunan gending dengan bagus. Staphen, salah satu guru Australi yang juga menjadi peserta merasa belajar karawitan sebagai salah satu peninggalan seni budaya Jawa asli memang sangat jauh berbeda dengan belajar seni musik modern atau kontemporer. “Belajar karawitan unik dan saya suka,” katanya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Ironisnya, dewasa ini banyak generasi muda yang meninggalkan kesenian asli budaya tersebut. Banyak yang mengaku bahwa mereka lebih tertarik pada seni K-pop, band dan aliran musik rok. “Budaya asli mestinya harus dipertahankan dengan cara melestarikannya agar tidak punah,” ungkapnya.

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up