Komet Matematika Ajarkan Siswa SMA Berjiwa Kompetitif
Operation Rabu, 13 Februari 2013 . in Berita . 2515 views
133_komet-2013.jpg
PENYERAHAN HADIAH: Dewan juri memberikan hadiah kepada para pemenang Komet XII di UIN Maliki Malang.

GEMA-Komet (Kompetisi Matematika) XII merupakan programunggulan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika yang telah diadakan ke-12 kalinya. Kompetisi yang bergengsi dikalangan siswa SMA sederajat ini   diadakan oleh HMJ Matematika UIN Maliki Malang  dengan tujuan untuk mendidik siswa-siswi  SMA agar memiliki jiwa kompetitifdan melahirkan ilmuan-ilmuan baru  dibidang Matematika.

Acara ini disengelarakan  di 23 distrik (sebutan nama  wilayah untuk perwakilan kota, Red) se-Jawa-Bali yang diikuti oleh 942 peserta. Proses seleksi tahap penyisihan I dan penyisihan II diadakan disetiap distrik. Selanjutnya dari seluruh distrik diambil 15 besar, karena disalah satu distrik terjadi seri maka kebijakan juri untuk mengambil 16 besar.  Selanjutnya diseleksi lagi menjadi 5 besar  yang diadakan serentak disetiap distrik kota tersebut.

Setelah serangkaian kompetisi diadakan, babak final diadakan di auditorium Lt. 4 gedung BJ.Habibie Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang, (21/10). Kompetisi yang berlangsung seru itu akhirnya berhasil dimenangkan oleh perwakilan distrik kota Surabaya yaitu dari SMA Petra. Sayangnya, pada acara final  terjadi diskualifikasi salah satu peserta yaitu dari distrik Pamekasan karena terlambat hadir dalam mengikuti acara tersebut.

“Dengan diadakan  acara ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA untuk memiliki jiwa kompetisi yang tinggi dan terlahirnya ilmuan-ilmuan Matematika di Indonesia’, ungkap Sigit Fembrianto selaku ketua panitiaKomet XII. Mahasiswa semester lima itupun berharap agar Komet yang akan datang lebih memiliki nilai plus-plus , yaitu plus pesertanya,  plus acaranya, dan plus-plus yang lainnya.(js/ka)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up