Totok Chamidy, Dosen TI Peraih The Best Paper dalam Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013
Operation Selasa, 19 Februari 2013 . in Berita . 953 views

GEMA-Salah satu dosen Jurusan Teknik Informatika (TI) UIN Maliki Malang baru saja memperoleh penghargaan The Best Paper and Presenter dalam Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2013, dia adalah Totok Camidy. KSNI kali ini di adakan pada 14-16 Februari di Sekolah Tinggi Menejemen Informatika Komputer (STMIK) Bumi Gora Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurut Totok, dia tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan ini. Judul paper bapak dua anak ini adalah Monitoring Ruangan Ber-AC (Air Conditioning)Menggunakan Bio Electric Potential Tanaman. Dosen asli Bangil Pasuruan ini menjelaskan, paper yang dia ajukan ini adalah penelitian dosen dan mahasiswa. “Biasanya hanya punya dosen yang di exspose, nah saya coba karya mahasiswa juga bisa go national,” Ungkap Totok.

Sementara itu, kemenangan paper ini dianggap sebagai pembuka pandangan kepada berbagai pihak bahwa penelitian itu tidak harus besar. Azas manfaat sangat penting, apalagi jika nantinya bisa digunakan untuk berbagi penelitian lain. Dosen yang pernah bercita-cita menjadi Polisi ini juga turut bangga, karena karya mahasiswa dan dosen juga layak untuk memenangkan perhargaan tingkat Nasional. Karena bio electric potential memang sedang hangat diperbincangkan di berbagai kalangan, apalagi sebagai energy alternatif. “Jadi tidak perlu yang wah, yang penting gunanya, dan kaitannya dengan IT,” tutup Totok.

Ditemui di lain tempat, Syahiduz Zaman yang ikut dalam KSNI 2013 juga memaparkan bahwa acara ini adalah konfrensi TI terbesar di Indonesia. Dilihat dari jumlah peserta, yang biasanya tidak lebih dari 100 orang, tetapi kali ini mencapai 400 orang, dengan 350 lebih menyampaikan paper. Menurut Syahid, acara yang diprakarsai oleh Institute Teknik Bandung (ITB) ini sudah berjalan selama 9 tahun. Selain Totok dan Syahid, ada juga Hani Nurhayati, Ainul Yakin dan Fachrul Kurniawan yang menghadiri konferensi ini.

Ketika mengunjungi laman resmi KNSI 2013 (ksni.us), telah ada pula beberapa tuan rumah yang telah lalu tentang KSNI itu sendiri. Diantaranya adalah 2005 di ITB, 2006 di Universitas Pasundan Bandung, 2007 di IT Telkom Bandung, 2008 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2009 di UII Yogyakarta, 2010 di STMIK MDP Palembang, 2011 di STMIK Potensi Utama Medan, 2012 di STMIK STIKOM Bali, 2013 di STMIK Bumigora Mataram NTB. Selain itu Ainul Yakin juga memaparkan tahun 2015 nanti UIN Maliki Malang akan menyiapkan diri menjadi tuan rumah hajatan tahunan ini. (yh3)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up