Jejak Symphonia Kenalkan Lagu Folklore
Operation Kamis, 28 Maret 2013 . in Berita . 2215 views
121_jejak-symphonia.jpg

GEMA-Melestarikan budaya dapat dilakukan lewat beragam media, diantaranya adalah lewat seni paduan suara. Kali ini Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana (PSM GGB) menggelar hajatan rutinannya the 2nd annual concert yang mengangkat tema Jejak Symphonia (27/3).

“Kami sengaja mengambil tema ini untuk melestarikan jejak-jejak khas lagu yang diwariskan diberbagai belahan dunia, diantaranya terdapat lagu dari Amerika, Filipina, Jepang dan Indonesia. Apalagi dengan melihat realita bahwa lagu tradisional di Negara ini makin hari makin hilang gaungnya, maka kami sebagai generasi muda harus turut andil mengabadikannya,” ungkap Moh. Mahrus, Ketua Pelaksana  seusai konser.

Konser mini besutan Ign. Adi Nurcahyo itu dilaksanakan di Aula Gedung C dengan membawakan 13 lagu bergenre folklore dan cinta. Paduan busana pun tak mau ketinggalan, 30 anggota PSM GGB mengenakan bawahan batik dan atasan baju Kimono khas Jepang. Pagelaran yang dimulai pukul 18.30 WIB ini, diharapkan dapat menjadikan PSM lebih eksis baik di internal kampus ataupun eksternal untuk kedepannya.  

Even yang telah dipersiapkan selama 2 bulan itu, dimeriahkan pula dengan tarian Saman yang dibawakan mahasiswa Psikologi, lagu dari mabna Ummu Salamah, dan pembacaan puisi. “Selain itu, adanya even ini juga sebagai pemanasan untuk lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional bulan Juni medatang di Semarang,” tambah Mahrus.

Sementara itu, Ali salah satu penonton menilai bahwa kegiatan the 2nd annual concertsemalam bagus sekali, even tersebut juga bisa dijadikan sebagai ajang penampilan dan eksistensi dari anggota PSM GGB. “Acara seperti ini, bisa mengingatkan kualitas seni olah suara yang didalamnya memiliki beragam budaya yang sangat menarik,” ungkapnya.

Namun sangat disayangkan,tambah Ali,  partisipasi dari warga kampus masih kurang, sehingga penampilannnya pun hanya sedikit. “Seharusnya acara ini ditempatkan di lokasi yang luas agar semua warga kampus dapat menyaksikannya,” ungkap Ali, mahasiswa Jurusan Biologi yang menikmati even sampai di penghujung acara tersebut. (naf/dcp)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up