LIPIA Isi Kultam di Hudaya
Operation Rabu, 13 Maret 2013 . in Berita . 827 views
130_kuliah-tamu-humaniora.jpg
Hangat: Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Hudaya Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc., M. Ag., menyerahkan cinderamata kepada Dr. Muhammad bin Sa'd Asy-Syuwai usai kuliah tamu.

GEMA-UIN Maliki khususnya Fakultas Humaniora dan Budaya (Hudaya), Sabtu (9/3) kedatangan tamu istimewa. Ketua Program Bahasa (I’dad al Lughawy) Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta Dr. Muhammad bin Sa’d Asy- Syuwai  berkunjung ke UIN Maliki sebagai narasumber kuliah tamu. Dengan mengangkat tema al Lughah al Arabiyyah wa al Hiwayah al Islamiyyah (Bahasa Arab dan Jati Diri Islam), kuliah tamu tersebut dilaksanakan di Home Teater lt. 3 Hudaya dengan khidmad yang dihadiri puluhan mahasiswa dan dosen.

Dalam kuliah tamu (kultam) itu, Dr. Muhammad banyak menjelaskan terkait hakikat bahasa Arab serta hubungannya dengan agama Islam. Dalam penuturannya dengan berbahasa Arab, ia menuturkan bahwa sejatinya bahasa Arab merupakan bahasa resmi agama. “Bahasa Arab merupakan bahasa agama. Al Quran diturunkan dengan bahasa Arab, rasul kita juga berbahasa Arab, dan bahasa surga merupakan bahasa Arab. Akan tetapi banyak yang tidak tertarik dengannya,” tuturnya.

Selain itu, ia juga memaparkan alasan bahasa Arab kurang diminati. Menurutnya, salah satu penyebab bahasa Arab kurang diminati adalah kurangnya kreatifitas dalam pengajaran. “Sebenarnya tidak sulit, bahkan sangat mudah. Akan tetapi metode pengajarannya yang kurang kreatif dan kurang menyenangkan,” tambahnya.(hm)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up