UIN Maliki Lakukan Pencegahan Narkoba
Operation Senin, 18 Maret 2013 . in Berita . 679 views
127_tes-urine-mahasiswa.jpg
TES URIN: Salah satu mahasiswa tampak menyerahkan urin untuk dites oleh pihak BNN Kota Malang.

GEMA-Narkoba sebagai zat yang terlarang dan merusak generasi muda. UIN Maliki dalam menyadari hal itu melakukan upaya pencegahan narkoba. Upaya yang dilakukan salah satunya melalui kegiatan tes urin yang diadakan pihak kampus ulul albab ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang (16/3).

Kegiatan ini berlangsung di gedung Jendral Besar Soeharto lantai 2 yang diikuti oleh ratusan mahasiswa. Menurut Elida sebagai Kasi. Pemberdayaan Masyarakat yang turut memantau, kegiatan ini merupakan program BNN sebagai upaya pencegahan narkoba dikalangan pemuda. Program yang bekerja sama dengan UIN Maliki Malang ini diharapkan menjadi upaya yang nyata dari pihak kampus dalam upaya menciptakan lingkungan kampus yang bebas narkoba.

Hasil dari tes urin ini nantinya akan didata oleh pihak BNN dan diserahkan ke pihak kampus. Sehingga dapat diketahui siapa-siapa saja yang positif menggunakan narkoba. “Apabila ada yang positif menggunakan narkoba akan diproses melalui tahapan konseling dan rebahalitasi untuk mengatasi kecanduan,” sambung Elida.

Sementara itu, dari kalangan mahasiswa menyambut baik kegiatan BNN ini. Buktinya tak sedikit mahasiswa yang antusias mengikuti tes urin di gedung Sport Center tersebut. Banyak dari mahasiswa ingin mengetahui apakah ada kandungan zat narkoba dalam tubuh mereka. Mahasiswa asing pun tampak terlihat menyerahkan urinnya untuk dites positif atau negatif. Sehingga mereka bisa melakukan upaya tindak lanjut dari hasil tes tersebut.

Menurut Astika, salah satu mahasiswi yang hadir kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah ada zat narkoba yang terkandung dalam tubuh. Karena jika ada, sangat berbahaya bagi kondisi kesadaran mahasiswa yang akan berimbas pada akademik mahasiswa itu sendiri. “Semoga kegiatan ini ada tindak lanjutnya kedepan agar mahasiswa UIN Maliki bisa mencegah dan terhindar dari bahaya nakoba,” tutur mahasiswa semester 4 Fakultas Psikologi itu. (dcp)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up