Universitas Al Qassim Arab Saudi Kagumi UIN Maliki
Operation Kamis, 21 Maret 2013 . in Berita . 2053 views
125_univ-al-qassim-saudi-arabia.jpg
Kuliah Umum:  Dr. Ali bin Ibrahim Muhammad As Sa'ud (tiga dari kiri) foto bersama Dekan Fakultas Hudaya Drs. KH. Chamzawi, M. HI., PD Bidang Akademik Dr. H. Wildana Wargadinata, Lc., M. Ag., dan dosen Hudaya usai kuliah umum.

GEMA-Kemasyhuran UIN Maliki Malang nampaknya semakin menggaung dan dikenal banyak pihak nasional ataupun internasional. Salah satu bukti, kedatangan tamu istimewa dari Universitas Al Qassim Arab Saudi di kampus bilingual ini, Selasa (19/3).

Kelima orang delegasi tersebut diantaranya, Wakil Rektor Prof. Dr. Abdurrahman al Wasil, Prof. Dr. Sulaiman al Audah, dan Dr. Ali bin Ibrahim Muhammad as Sa’ud. Dalam kunjungan itu, delegasi Universitas Al Qassim menggelar berbagai agenda di UIN Maliki salah satunya kuliah umum di Fakultas Humaniora dan Budaya (Hudaya) yang mengundang Dr. Ali bin Ibrahim Muhammad as Sa’ud sebagai narasumber, Rabu (20/3).

Dengan mengangkat tema Motivasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Dosen Fakultas Humaniora, kuliah umum di laksanakan di Home Teater lt.3 Hudaya yang dihadiri tak kurang dari 200 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa. Dalam pembukaan kuliahnya, Dr. Ali mengungkapkan rasa kagum dan takjub pada UIN Maliki yang menaruh perhatian besar pada Bahasa Arab. “Masya Allah, Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa utama di sini (UIN Maliki, red), mengajarkan dan menekankan penggunaan Bahasa Arab pada mahasiswa semester awal, dan yang luar biasa hampir di setiap tempat dijumpai mahasiswa belajar Bahasa Arab,” puji Dekan Fakultas Bahasa Arab dan Ilmu Sosial itu dengan diikuti tepuk tangan meriah peserta.

Dalam kuliah umum tersebut, Dr. Ali juga menjelaskan tentang keistimewaan Bahasa Arab dibandingkan dengan bahasa lainnya di dunia. Menurutnya, ada tiga keistimewaan Bahasa Arab yang tidak dijumpai dalam bahasa lain.”Tiga keistimewaan Bahasa Arab dibanding bahasa lainnya. Pertama, dari segi kosa kata yang terbilang lebih dari jutaan. Kedua, dalam segi Aswat (bunyi bahasa) dimana dalam bahasa Arab terdapat huruf Shad, Dhad, Tha’, Dlo’, dan Qaf yang tidak dijumpai dalam bahasa lain. Dan yang ketiga, bahasa yang menggunakan banyak organ dalam pengucapannya,” jelasnya.

Acara kuliah umum berlangsung hampir satu jam dan berakhir pada 12.30 WIB. Dalam acara tersebut juga digelar pembagian buku Perjalanan Hidup Rasul Yang Agung Muhammad SAW: Dari Kelahiran Hingga Detik-Detik Terakhir terjemahan buku Ar-Rahiq al-Makhtum karya Syaikh Sahfiyurrahman al Mubarakfuri terbitan Kantor Atase Agama Kerajaan Arab Saudi Jakarta. Buku setebal hampir 738 halaman tersebut dibagikan secara gratis bagi peserta kuliah umum. (hm)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up