LPM UIN Maliki Gandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI)
Operation Senin, 29 April 2013 . in Berita . 1009 views
103_lpm-gandeng-dmi.jpg
Dari kiri: Dr. H. Mufidah Ketua LPM, Taufiq BRI Syariah, H. Maman Sekjen Dewan Masjid Indonesia Kab. Malang.

Lembaga Pengabdian Masyarakat UIN Maliki melakukan kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Posdaya berbasis masjid melalui program Kuliah Kerja Mahasisw (KKM) yang akan dilaksanakan mahasiswa semester 4. Sosialisasi kali ini dilakukan di kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang (28/04). Kegiatan bertajuk roadshow ini rutin dilaksanakan setiap minggunya guna mensosialisasikan mahasiswa UIN Maliki yang nantinya akan langsung terjun ke masyarakat.

Menurut Dr.Hj.Mufidah Cholil selaku ketua LPM memaparkan bahwa melalui sosialisasi akan terus dilakukann agar memudahkan mahasiswa dalam menajalin hubungan dengan masyarakat yang akan menjadi guru meraka ketika KKM nanti.” Program ini merupakan kuliah mahasiswa di masyarakat, sehingga butuh kerjasama dengan masyarakat. Untuk itu butuh sosialisasi agar seluruh elemen saling bersinergi”, Ujar Ibu yang dijuluki Profesor Masjid oleh masyarakat Poncokusumo tersebut.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh Sekretaris Jendral Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang, H. Maman. Camat Poncokusumo, Sukarlin, tokoh masyarakat, serta perwakilan ta’mir masjid yang ada di seluruh wilayah kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang.

Maman dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemngembangan sumber daya masysarakat melallui masjid. “masjid, selain dijadikan sebagai tempat ibadah juga dapat diajadikan sebagai sarana pendidikan, serta aktifitas masyarakat umum, sehingga memanfaatkan masjid sebagai mana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW”, sebut bapak yang tinggal di Poncokusumo tersebut.

Camat Poncokusumo, Sukarlin juga meyambut baik upaya yang dilakukan UIN Maliki melaui posdaya berbasis masjid dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa yang berlangsung di bulan Ramadhan tersebut. “program ini sangat baik, karena dapat memberdayakan masyarakat yang dibantu oleh mahasiswa yang berbasis masjid, sehingga dapat mendukung MADEP MANTEP yang merupakan program kabupaten Malang tersebut.

Terlihat para peserta yang terdiri dari perwakilan ta’mir tersebut sangat antusias mendengarkan pemaparan yang dijelaskan oleh ketua LPM Dr. Hj. Mufidah Cholil, M.Ag. Hadir pula perwakilan dari BRI Syari’ah Cabang Malang yang siap membantu dan bekerjasama dengan LPM serta masyarakat dalam hal pendanaan.

Mufidah memaparkan akan pentingnya mensejahterakan masjid melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Sangat ironis ketika masih banyak masjid yang tidak terurus dan hanya dibuka pada waktu ada jama’ah. “masjid seharusnya dapat kita manfaatkan melalui berbagai kegiatan yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat. Nah, UIN Maliki siap membantu dalam artian bukan melalui dana melainkan cara yang dapat kami berikan kepada masyarakat untuk dapat dikembangkan guan mencapai kesejahteraan yang diinginkan”. Ujar ibu yang merupakan Doktor lulusan IAIN Sunan Ampel Surabaya tersebut. (DCP)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up