Maksimalisasi Penggunaan Website Universitas
Operation Selasa, 23 April 2013 . in Berita . 852 views
104_peningkatan-webometrics.jpg
LPSI siap menggiatkan pelatihan pemanfaatan website universitas pada seluruh sivitas akademik UIN Maliki.

GEMA-Pentingnya ranking sebuah universitas di webometric menjadi salah satu perhatian UIN Maliki. Kegiatan dalam rangka peningkatan penggunaan website UIN Maliki oleh sivitas akademik semakin ditingkatkan. Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) pun menjadi semakin sibuk menyiapkan beragam pelatihan. Seperti yang dilakukan LPSI untuk seluruh staf pengajar Unit Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI) di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lt.3, Selasa (23/4).

Menurut Langgeng Budianto, Ketua Unit PKPBI, acara Pemanfaatan Repository dan Pembuatan Blog ini dilaksanakan atas instruksi dari petinggi kampus. “Ini instruksi langsung dari Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si., red.) agar seluruh dosen juga bisa meramaikan website kampus kita,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tak hanya sekadar aktif mengunjungi website saja, dosen juga harus aktif menghasilkan karya. Seterusnya, website digunakan sebagai media untuk menerbitkan karya tulis para dosen.

Pemateri acara tersebut langsung dihadirkan dari staf LPSI, Riwayatul Mahya dan Muhammad Idris. Mahya menuturkan, pemanfaatan website universitas masih sangat minim. “Bahkan laporan tiap bulannya menunjukkan bahwa penggunaan web (website, red.) dari tiap unit kampus nol,” tambahnya.

Peserta dibimbing secara langsung untuk mendaftarkan diri di akun milik universitas. Akun itu nantinya bisa dimanfaatkan seperti pemanfaatan blog pada umumnya. “Semua karya tulis Bapak-Ibu bisa diterbitkan di sini dan tidak akan hilang,” jelas Mahya.

Ia juga menyatakan bahwa sosialisasi pemanfaatan website universitas akan dilakukan secara berurutan. “Para mahasiswa juga nantinya akan kami beri sosialisasi untuk memanfaatkan web,” tuturnya.

Selanjutnya, setiap unit di UIN Maliki akan mendapat pelatihan serupa oleh pihak LPSI agar ranking webometric dapat meningkat. (nd)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up