Elzawa Launching Bank Zakat
Operation Selasa, 16 Juli 2013 . in Berita . 952 views

 

Gema-Pusat Kajian Zakat dan Wakaf el-Zawa semakin berkembang dan membanggakan. Terbukti hingga tahun 2013 ini lembaga yang berbasis sosial ini telah memiliki banyak program unggulan yang mampu memberikan banyak kontribusi tidak hanya kepada masyarakat dalam kampus tetapi juga luar kampus. Dan Program yang terbaru kali ini yaitu Program Yatim Unggul dan Bank Zakat.

Dengan menggusung tema Ramadhan Berbagi Berkah el-Zawa mengadakan buka bersama dengan beberapa rangkaian acara yaitu penyerahan beasiswa Yatim Unggul, penyerahan beasiswa Akar Tangguh, penyerahan bantuan modal Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan penyerahan 300 bingkisan lebaran.

Acara yang bertempat di gedung Halaqoh Ma’had Sunan Ampel al Aly UIN Maliki Malang ini sekaligus diadakan launching sebuah program unggulan el-Zawa yang telah dirintis semenjak tahun 2008 yaitu Bank Zakat (13/7).

Launching Bank Zakat ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Dr. H. Saifullah, SH., M.Hum. Dalam sambuatannya beliau mengatakan bahwa dengan adanya penyerahan beasiswa el-Zawa kepada masyarakat diharapkan mampu memberikan nilai keberkahan tersendiri karena rezeki yang yang didapatkan melaui sesuatu yang halal, sehingga kehidupan menjadi tenang. “Semoga dengan hadirnya Bank Zakat ini mampu menghidupkan nilai gerakan sosial dan dapat membantu masyarakat secara umum,” harapnya.

Ketua el-Zawa, Sudirman Hasan menuturkan bahwa Bank Zakat ini didirikan karena adanya keinginan el-Zawa sebagai lembaga pengumpul zakat yang mampu mengelola zakat secara produktif, yang nantinya bisa memberikan pinjaman kepada masyarakat luas dengan sistem bagi hasil. “Bank Zakat ini bekerja sama dengan Bank Syariah yang akan dikelola secara mandiri dan profesional, yang rencananya akan ditempatkan di gedung Information Center, sehingga Bank Zakat ini akan go public dan sasaranya yaitu masyarakat umum”, tuturnya sambil tersenyum.

Sudirmam menambahkan bahwa semoga lewat Bank Zakat ini, el-Zawa bisa menjadi Bank pertama yang berbasis zakat dan pionir Bank yang tidak berfikir profit.

Pada launching kali ini, el-Zawa juga memberikan beasiswa secara tunai untuk bulan Juli, Agustus, dan September. ”Dan pada acara ini sengaja diselengarakan diawal Ramadhan agar bantuan yang diberikan bisa digunakan secara optimal,” harapnya.(js)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up