Fakultas Psikologi Jalani Proses Visitasi Akreditasi
Operation Rabu, 17 Juli 2013 . in Berita . 981 views

 

Gema-Setelah lama menunggu dalam penantian, akhirnya tiba waktunya Fakultas Psikologi menjalani proses visitasi akreditasi yang berlangsung selama dua hari (10-11/07). Seluruh civitas fakultas dari dosen dan karyawan dan beberapa mahasiswa tampak sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam asesmen fakultas tersebut. Turut hadir Ibu Dr. Wisjnu Martani, SO dan Ibu Dr. Ilsiana Silistya Jatiputra sebagai tim assessor dari Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pada hari pertama, Tim assessor BAN PT mengadakan penilaian wawancara kepada seluruh civitas fakultas Psikologi dari dekan, para dosen dan karyawan, serta mahasiswa. Kemudian hari berikutnya, penilaian dilanjutkan dengan observasi setiap ruangan di dalam Fakultas.

Dekan Fakultas Psikologi, Dr. H. Lutfi Mustofa, M.Ag. menyatakan bahwa ada tujuh standar yang dinilai secara ketat oleh BAN-PT antara lain adalah: 1) Visi Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian, 2) Tata pamong, kepemimpinan dan sistem, 3) Mahasiswa dan lulusan, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Kurikulum pembelajaran dan suasana akademik, 6) Pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi, dan 7) Penelitian, pelayanan dan pengabdian masyarakat, serta kerjasama.

Setelah menjalani proses visitasi, maka tim assessor BAN-PT menyimpulkan hasil sementara secara kualitatif. “Berdasarkan hasil kesimpulan pada masing-masing standar, kita berada pada posisi yang maksimal,” ungkap Dr.Lutfi. Hal ini dapat menjadi harapan bahwa fakultas psikologi memiliki modal dan potensi yang tinggi untuk dapat dinilai sebagai lembaga yang layak dipilih oleh masyarakat.

“Dari sini kita dapat mengambil pelajaran, bahwa apa yang kita harapkan, visi, misi dan tujuannya harus jelas. Termasuk langkah apa yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut,” terangnya.

Bapak yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan bidang kemahasiswaan ini berharap, seluruh civitas akademika dapat lebih konsisten terhadap prosedur yang telah direncanakan. “Akreditasi bukanlah sekedar sebuah status, namun juga sebagai refleksi realitas kerja dan kinerja seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi kedepan,” pungkasnya. (qin)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up