Melalui PKL UIN Maliki Bentuk Konseling Pesantren
Operation Rabu, 24 Juli 2013 . in Berita . 862 views

 

Gema-UIN Maliki terus berupaya menjalin berbagai kerjasama dalam mendukung kegiatan akademik nya. Salah satu yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa fakultas Psikologi yang akan merancang model konseling untuk pesantren. Mahasiswa semester 6 yang terdiri dari Arif, Okta, Anis, Fatimah, Agus, Devi, Cahyati, Uvy, dan Juandra melakukan praktek kerja lapangan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang selama 40 hari.

Melalui bimbingan Yusuf Ratu Agung Sejak tanggal 23 Juni hingga 3 Agustus itu mereka melakukan penelitian yang tujuannya merumuskan konsep konseling bagi pesantren yang nantinya menjadikan pondok Pesantren Tebu Ireng sebagai pusat percontohan Konseling Pesantren di wilayah Jawa Timur dan Indonesia.

Menurut Ketua Kelompok PKL Arif Setya Budi menjelaskan bahwa melalui PKL ini nantinya Fakultas Psikologi UIN Maliki dapat bekerjasama dalam mewujudkan Tebu Ireng sebagai Pesantren percontohan dalam Konseling. “Sangat peru mengarahkan santri melalui metode konseling, ini akan menjadi percontohan Konseling Pesantren untuk seluruh pesantren yang ada di Jawa Timur bahkan di Indonesia,” Ujar mahasiswa Psikologi semester 6.

Berdasarkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, inilah waktunya mereka untuk membentuk produk yang dapat berguna bagi orang lain. “PKL sebagai awal dalam memberikan stimulus agar kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kami akan merumuskan konsep konseling yang baik bagi pesantren dan Tebu Ireng menjadi obyek dalam merumuskan konsep itu. Sheingga Pesantren Tebu Ireng akan menjadi contoh konseling bagi pesantren lain,” sambung Arif. (dcp)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up