Mahasiswa Psikologi Dituntut Aktif Dalam Berbagai Bidang
Operation Rabu, 9 Oktober 2013 . in Berita . 1003 views

 

Gema-Fakultas Psikologi UIN Maliki terus melebarkan sayap melalui program-program strategis yang dapat memacu prestasi mahasiswa melalui pengembangan minat dan bakatnya. Pagi tadi (9/10) Fakultas Psikologi mengadakan sosialisasi bagi mahasiswa baru tentang Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) di Aula Gedung Rektorat Lantai 5.

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Psikologi Dr. H. M. Lutfi Mustofa mengatakan bahwa SKKM ini merupakan program yang telah berjalan dan diwajibkan mulai angkatan 2011. Menurut beliau Program ini menuntut mahasiswa aktif mengikuti berbagai kegiatan yang ada karena segala kegiatan memiliki bobot poin tersendiri. “Bagi mahasiswa yang tidak mencapai poin itu tidak bisa mengikuti ujian proposal”, sebut Mantan Wakil Dekan bidang kemahasiswaan tersebut.

Dalam kegiatan tadi juga dipaparkan tentang mekanisme, kegunaan, serta tata cara SKKM itu. Yang diisi oleh Dr. Moh. Mahpur, M.Si selaku Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan Fathul Lubabin Nuqul, M.Si selaku Wakil Dekan I bidang akademik fakultas psikologi. Dalam pemaparannya Moh. Mahpur menjelaskan tentang pentingnya program ini bagi mahasiswa yang dituntut untuk aktif. Sehingga tidak hanya menjadi mahasiswa yang kuliah tanpa mendaptkan manfaat dari perkuliahan yang sesungguhnya. “Menjadi mahasiswa harus aktif, jangan hanya menjadi mahasiswa yang kuliah lalu pulang dan tidak mendapatkan esensi serta makna dari dunia perkuliahan’’, Ujar bapak yang merupakan doktor Psikologi Sosial.

Dilain kesempatan Fathul Lubabin Nuqul memaparkan bahwa untuk lulus menjadi mahasiswa fakultas psikologi UIN Maliki harus memiliki kompetensi yang jelas. Kompetensi ini berlaku agar menjadi bekal mahasiswa setelah lulus nantinya. Bagi mereka yang belum memenuhi targe poin maka tidak diperkenankan untuk ujian proposal. Minimal poin 75 bagi angkatan 2010 dan 100 bagi mahasiswa mulai angkatan 2011 seterusnya.”Maka dari itu SKKM ini menuntut mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sebagai lulusan psikologi’’. Ujar bapak yang ahli psikologi forensik tersebut. (dcp)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up