UIN Maliki Lepas 3200 Mahasiswa Berhaji
Operation Minggu, 6 Oktober 2013 . in Berita . 1427 views

 

Gema-Pagi ini, Minggu (6/10) sebanyak 3200 lebih mahasiswa UIN Maliki dilepas untuk berhaji. Wakil Rektor I UIN Maliki Dr. H. Zainuddin MA melepas secara resmi mahasiswa untuk melakukan manasik haji dilingkungan kampus ulul albab ini.

Dalam sambutannya beliau berharap bahwa program yang diselenggarakan oleh Ma’had Sunan Ampel Al-Aly ini terus dilestarikan dan dapat dijadikan media pembelajaran secara langsung melalui praktek melaksanakan ibadah haji. “ Alhamdulillah, tahun ini program manasik haji kita laksanakan, ini adalah program yang selalu kita lestarikan demi menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, UIN Maliki adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan manasik haji di kampus tiap tahunnya”, sebut Wakil Rektor Bidang Akademik tersebut.

Mudir Ma’had Sunan Ampel Al-Aly KH. Isyroqunnajah dalam sambutannya juga berharap melalui manasik haji ini nantinya bisa menjadi media pembelajaran yang berguna bagi mahasiswa sebelum menunaikan ibadah haji yang sungguhan. “Semoga ini memotivasi dan doa kita bersama agar bisa menunaikan ibadah haji secara sungguhan”, terang Doktor Fakultas Syariah tersebut.

Mahasiswa terlihat begitu antusias melakukan berbagai ritual haji maupun umrah. Mulai dari pakaian yang menyerupai ihram hingga semua bacaan serta kegiatan yang berkenaan dengan ibadah haji mereka praktek kan secara bersama-sama. Menurut Ketua Panitia manasik haji tahun ini Ustad Aunul Hakim mengatakan bahwa manasik haji tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya, seluruh mahasiswa antusias mengikuti berbagai agenda termasuk juga mahasiswa asing. “Ini rangkaian dari kegiatan yang ada di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly, selain mengkaji ilmu melalui al-Qur’an dan Hadist, kita juga mempraktekkannya guna menjadi media pembelajaran yang nyata bagi mahasiswa baru yang tinggal di Ma’had”, terang bapak yang merupakan pengasuh Ma’had itu. Semoga melalui kegiatan yang diikuti 3200 lebih mahasiswa baru ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk belajar secara langsung tentang ibadah haji. Sambung Aunul Hakim yang juga merupakan Dosen Bahasa Arab di Fakultas Humaniora. (dcp/qin)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up