Filsafat Ilmu I (Logika)
Dr. HM. Zainuddin, MA Selasa, 12 November 2013 . in Wakil Rektor I . 32637 views

I. Deskripsi Mata Kuliah :

 

Filsafat merupakan mata kuliah yang memberikan dasar dan landasan berpikir logis, sistematis dan metodologis. Setiap diskursus tentang metodologi memerlukan sentuhan-sentuhan filsafat. Tanpa sense of philosophy maka sebuah metodologi akan kehilangan substansinya.

Dalam perspektif keilmuan, posisi filsafat adalah sebagai landasan adanya integrasi berbagai disiplin dan pendekatan yang makin beragam, karena dalam konstruks epistemologi, filsafat dengan metodenya dapat menjadi dasarnya. Mata kuliah Filsafat Ilmu I (Logika) ini merupakan mata kuliah dasar untuk mengenal alur berpikir dalam kegiatan keilmua. Filsafat dalam pengertian ini bukanlah “filsafat untuk filsafat”, melainkan dapat diaplikasikan dalam peningkatan penalaran, penerapan kegiatan penelitian dan penulisan ilmiah serta mendiagnosis masalah dan mencari alternatif permecahannya. Dengan demikian, pembelajaran filsafat (logika) di sini tidak hanya berorientasi teoretik, tetapi juga praktik.   II Tujuan:   Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu :
  1.   1.  memahami hakikat penalaran, proses berpikir secara ilmiah;
  2.   2.  memahami kriteria kebenaran dan sumber ilmu pengetahuan.
  III. Topik Pembahasan:   1. Filsafat dan hakikat penalaran 2. Logika : • sejarah singkat logika • pengertian logika • objek kajian logika • jenis logika • unsur logika   3. Proses Berpikir : • deduksi • induksi • analogi • komparasi 4. Relasi antara logika dan bahasa     5. Silogisme : • bentuk silogisme • unsur silogisme • hukum silogisme • jenis silogisme   6. Konsep kebenaran : • kriteria kebenaran • sumber kebenaran   IV. Metode Kuliah: Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan secara kelompok untuk didiskusikan sesuai giliran yang telah ditentukan jadwalnya. Untuk tugas individu mahasiswa diberi tugas menulis resensi buku yang terkait dengan mata kuliah. Ditekankan buku yang diresensi adalah buku baru atau kurang dari satu tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para pakar, seperti karya Lois Kattsof, The Elemenmts of Philosophy.   V. Sistem Penilaian:   Penilaian akhir meliputi:
  1. keaktifan mahasiswa di kelas dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
  2. diskusi kelompok;
  3. tugas makalah atau resensi yang ditulis;
  4. ujian tengah semester (UTS);
  5. ujian akhir semester (UAS);
   

VI. Referensi:

  Ahmad Tafsir, 1999, Filsafat Umum, Bandung, Remaja Rosda Karya.   Burhanuddin Salam. 1997. Logika Material (Filsafat Ilmu Pengetahuan). Jakarta, Rineka Cipta.   Charis Zubeir, Metode Penelitian Filsafat, Yogyakarta, Fak. Filsafat UGM. Cony R. Semiawan  et.al., 1988, Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu, Bandung: Remaja Karya. Harold Titus,  et.al., 1984, Persoalan-persoalan Filasafat, terj. Rasyidi, Jakarta: Bulan Bintang.   Honer dan Hunt, 1991, dalam Jujun S., Ilmu dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan, Jakarta: Yayasan Obor.   Jujun S. Suriasumanteri, 1990, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.   Jujun S. Suriasumantri, 1989. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.   Jujun S. Suriasumantri, 1990, Ilmu dalam Perspektif Moral, Sosial dan Politik, Jakarta: Gramedia.   Koento Wibisono, 1988, Beberapa Hal Tentang Filsafat Ilmu: Sebuah Sketsa Umum Sebagai Pengantar Untuk Memahami Hakekat Ilmu dan Kemungkinan Pembangunannya, Yogyakarta: IKIP.   Langeveld, 1995, Menuju ke Pemikiran Filsafat, Jakarta, Pembangunan   Lorens Bagus, 1996, Kamus Filsafat, Jakarta, Gramedia.   Louis O Kattsof, 1987, Elements of Philosophy, terj. Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wacana. Mundiri. 1996. Logika. Jakarta. PT. Rajawali Press. Poedjowijatna. 1992. Logika: Filsafat Berpikir. Jakarta, Rineka Cipta. R.G. Soekadijo. 1991. Logika Dasar: Tradisional, Simbolik dan Indoktif. Jakarta, PT. Gramedia Van Peursen, 1989, Susunan Ilmu Pengetahuan: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. W. Poespoprodjo dan T. Gilarso. 19989. Logika Ilmu Menalar. Bandung, Remaja Karya.                                                                                                                                

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up