Perluas Jaringan, Saintek Gandeng Ogun State
Operation Senin, 9 Desember 2013 . in Berita . 1637 views
118_ogun-state.jpg
Senang: Dekan Fakultas Saintek, Bayyinatul Muchtaromah memberikan cinderamata kepada Mrs. Oluwande Wuoyo dari Ogun State.

GEMA-Langkah melebarkan sayap UIN Maliki Malang menuju world class university terus berjalan semakin dekat. Salah satu upaya Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pihak luar negeri. Terbukti dengan adanya tamu dari Ogun State, salah satu negara bagian di Nigeria ke Fakultas Saintek untuk melakukan kunjungan serta kerjasama terutama di bidang pendidikan (23/11).

Rombongan Ogun State datang ke Indonesia untuk berkunjung ke Jawa Timur dalam rangka kerja sama dengan provinsi Jawa Timur terkait masalah ekonomi, agricultural, industri, pendidikan dan lainnya. Menyoal di bidang pendidikan Ogun State mengunjungi Fakultas Saintek UIN Maliki Malang.

Kedatangan rombongan yang tidak hanya berasal dari akademisi universitas tetapi juga dari berbagai elemen baik pemerintahan dan kedutaan besar Negeria itu disambut hangat oleh pihak rektorat serta jajaran dekan Fakultas Saintek. Setibanya mereka di gedung Rektorat, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo menjelaskan mengenai filosofi pohon ilmu Ulul ‘Albab.

Selanjutnya rektor kampus hijau ini menyampaikan agar mahasiswa dari Negeria bisa studi di kampus Ulul ‘Albab ini. Pasalnya mahasiswa asing dari negeria saat ini masih belum ada. “Dengan adanya kunjungan ini, Fakultas Saintek bisa mengawal pihak Ogun state dan agar mahasiswa dari Negeria yang ingin belajar di kampus ulul albab ini dipermudah,” harapnya. Sementara untuk kejasama Ogun State terutama dari komisi pendidikan dengan Fakultas Saintek yaitu terkait kolaborasi riset, pengabidian masyarakat serta adanya pertukaran pelajar.

Usai pertemuan di Rektorat, Kunjungan dilanjutkan ke Auditorium Lt.4 Fakultas Saintek. Dalam Kuliah tamu tersebut pihak Ogun State yang diwakili oleh Mrs. Oluwande Wuoyo. Honourable Commissioner Ogun State itu memaparkan terkait kondisi Ogun State. Mulai dari kondisi alam, pendidikan, industri, hingga kehudupan disana. Beliau juga mengatakan ada banyak pengusaha asal Indonesia yang ada di Negeria. Sementara, Dekan Fakultas Saintek Dr. Bayyinatul Muchtaromah mengatakan untuk disampaikaan kepada gubernur Ogun State agar dari Fakultas Saintek nantinya juga bisa berkunjung kesana.

Menanggapi hal ini, Dosen asal Sidoarjo itu berharap, bahwa kerjasama kepada pihak luar negeri ini merupakan salah satu wujud upaya Fakultas Saintek untuk menuju world class university. “Yaitu dengan memperluas jaringan kerjasama terhadap luar negeri dan memperkenalkan Fakultas Saintek ke pihak luar serta memperkuat sistem dari dalam seperti peningkatan penilitian, jurnal, roadmap dan lainnya,” papar dekan wanita yang kemarin baru saja berkunjung ke Malaysia untuk kerjasama di bidang riset itu. (js)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up