POKOK KAJIAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Dr. HM. Zainuddin, MA Selasa, 12 November 2013 . in Wakil Rektor I . 24427 views
  1. Definisi Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam.
  2. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
  3. Metode Mempelajari Filsafat Pendidikan Islam
  4. Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogis Menurut Islam
  5. Sumber Dasar Pendidikan Islam
  6. Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam
  7. Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Barat dan Tokoh-Tokohnya
  8. Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam dan Tokoh-Tokohnya.
  9. Fitrah Manusia dalam pendangan Barat dan Islam
    Ad. 1. Filsafat              : Berpikir rasional-logis dan radikal, untuk memperoleh kebenaran. Berpikir sedalam-dalamnya tentang segala sesuatu. Filsafat sebagai mother of science.   Ad. 2. Pendidikan          : Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa mendatang; (UU RI No.2/1989 tentang SPN Bab I Psl. I ayat I) Bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribaadian yang utama.   Ad. 3. Filsafat Pendidikan Islam:                                           Berpikir sedalam-dalamnya (radikal) berdasarkan sumber wahyu (al-Qur’an dan al-Hadis) tentang pendidikan.     Ad. 4. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam:  
  1. Makro: Objek Kajian filsafat: Tuhan, alam dan manusia.
  2. Mikro : Komponen Pendidikan yang 5; tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, dan alat pendidikan (kurikulum, metode dan penilaian pendidikan), dan lingkungan pendidikan.
 

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up