SPIRIT INTELEKTUALISME AL-QUR’AN
Dr. HM. Zainuddin, MA Sabtu, 8 Juli 2017 . in Wakil Rektor I . 3106 views


Oleh  M. Zainuddin



Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah bahwa diantara fungsi al-Qur’an adalah sebagai petunjuk (hudan, hidayah),peringatan (nazir), obat(syifa’), danrahmat. Fungsi al-Qur’an sebagai hidayah itu dijelaskan di antaranya dalam surat al-Baqarah: 2 dan185. Fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dijelaskan dalam surat al-Furqan:1, Shad:87, at-Takwir:27 dan sebagai obat dan rahmat dijelaskan dalam surat al-Isra’: 82.   



Pertanyaannya kemudian, kapan al-Qur’an menjadi hidayah, peringatan, rahmat dan syifa’ bagi manusia? Al-Qur’an dapat berfungsi sebagai hidayah bagi manusia setidaknya dengan tiga syarat: Pertama, selagi al-Qur’an itu diyakini kebenarannya, kedua, selagi al-Qur’an itu dibaca. Al-Qur’an sendiri artinya bacaan, kitab yang dibaca;ketiga, selagi al-Qur’an itu dikaji, direnungkan dan dihayati maknanya; keempat, selagi al-Qur’an itu diamalkan isinya dan diikuti petunjukknya.



Jika keempat hal di atas tidak dipenuhi, maka al-Qur’an tidak akan memberikan petunjuk, obat maupun rahmat bagi manusia. Mana mungkin al Qur’an bisa memberikan hidayah kepada manusia tanpa manusia membaca dan menghayatinya? Ibarat rambu-rambu lalu lintas, mana mungkin pengendara kendaraan bisa aman di jalan atau tahu arah tanpa ia bisa membaca dan memahami makna rambu-rambu tersebut? Dan tentunya harus mentaatinya. Oleh sebab itu, orang yang banyak bergelimang dengan maksiat adalah orang yang tidak mendapat petunjuk al-Qur’an, yaitu orang-orang yang tidak mau meyakini kebenarannya dan tidak mampu membaca dengan benar, serta tidak mau menghayati maknanya dan tidak pula mengamalkannya.



Makna Qira’ah



Seorang Muslim terpelajar memiliki potensi untuk dapat membaca dengan arti yang sesungguhnya (qira’ah), yaitu dapat menangkap isyarat atau makna al-Qur’an tersebut. Nabi mengingatkan kepada orang Islam untuk membaca secara benar, baik secara lisan maupun amalan, sebagaimana yang beliau sampaikan: “Banyak orang membaca al-Qur’an, tetapi justru al-Qur’an melaknatinya”. Kenapa? Karena mereka tidak menjadikan al-Qur’an sebagai pegangan hidupnya, tidak menjadikan al-Qur’an sebagai akhlaknya. Oleh sebab itu logikanya orang yang terdidik (intelektual) memiliki potensi untuk mendekatkan diri (takwa) kepada Allah, sebab ia memiliki kemampuan membaca dan mengkaji maknanya, dan lebih dari itu adalah mengamalkannya. Inilah manusia yang disebut dalam al-Qur’an sebagai ulul-‘ilmi, ahl al-zikri  dan  ulul albab.



       Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia, baik yang menyangkut informasi ilmiah maupun yang terkait dengan norma-norma hukum dan akhlak. Terkait dengan informasi ilmiah, tidak sedikit dari para akademisi, baik akademisi Timur maupun Barat yang mengakui akan kemukjizatan al-Qur’an. Dan tidak sedikit dari kalangan mereka yang kemudian tunduk, khudhu’ wal-inqiyad, alias menjadi muslim. Bahkan yang tidak muslim pun bisa mendapatkan informasi ilmiah dari al-Qur’an, sebagaimana yang dialami oleh para orientalis itu.



       Jika para orientalis yang tidak beriman dengan al-Qur’an mereka mau mempelajari secara serius untuk memperoleh informasi ilmiah, kenapa kita tidak? Kenapa selama ini kita banyak mengetahui informasi ilmiah justru lewat orang Barat yang sekuler? Bukan dari al-Qur’an yang milik kita sendiri, yang nyata-nyata di dekat kita dan di telinga kita. Suatu contoh, kita tahu bahwa matahari berputar pada porosnya, bahwa asal muasal alam ini air adalah dari ilmuwan Barat dan filsuf Yunani. Kenapa tidak dari al-Qur’an yang kita baca setiap hari? Misalnya dalam surat Yasin dan al-Anbiya’ itu Allah berfirman: “Dan matahari berputar pada porosnya. Itulah ketetapan (takdir) Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui” (QS. Yasin:38); “Dan telah Kami jadikan segala sesuatu yang hidup ini  berasal dari air” (QS. Al-Anbiya’: 36). Informasi al-Qur’an ini bisa ditindaklanjuti dengan melakukan observasi dan penelitian lebih dalam.      



Seorang filosuf Perancis yang bernama Al-Kiss Luazon menegaskan: “al-Qur’an adalah kitab suci, tidak ada satu pun masalah ilmiah yang terkuak di zaman modern ini yang bertentangan dengan dasar-dasar Islam”. Dr. Rene Ginon --setelah masuk Islam kemudian berganti nama, Abdul Wahid Yahya-- juga bercerita: “Setelah saya mempelajari secara serius ayat-ayat al-Qur’an dari kecil yang terkait dengan ilmu pengetahuan alam dan medis, saya menemukan ayat-ayat al-Qur’an yang relevan dan kompatibel dengan ilmu pengetahuan modern. Saya masuk Islam karena saya yakin bahwa Muhammad saw. datang ke dunia ini dengan membawa kebenaran yang nyata, seribu tahun jauh sebelum ada guru umat manusia ini”. Selanjutnya ia menegaskan: “Seandainya para pakar dan ilmuwan dunia itu mau membandingkan ayat-ayat al-Qur’an secara serius yang terkait dengan apa yang mereka pelajari, seperti yang saya lakukan, niscaya mereka akan menjadi muslim tanpa ragu --jika memang mereka berpikir objektif -- katanya” (Abdul Muta’al, 1980: 8).



       Oleh sebab itu, orang terpelajar (intelektual Muslim) memiliki potensi besar dalam mendekatkan diri kepada Allah (takwa), karena mereka banyak mengetahui informasi ilmiah melalui jagat raya ini. Semakin seseorang banyak mengetahui rahasia alam ciptaan Allah ini, maka semakin sadar akan kebesaran-Nya. Namun sebaliknya, jika  seseorang tidak banyak tahu tentang rahasia alam ciptaan ini, maka ia melihat kehidupan ini biasa-biasa saja, tidak ada kekaguman, bahkan yang terjadi malah memitoskan alam tersebut. Suatu misal, seorang terpelajar akan memahami gerhana bulan atau matahari dan silih bergantinya siang dan malam itu sebagai fenomena alam yang sangat sistematis dan by design, bukan by accident. Tidak mungkin tidak dirancang oleh Sang Kuasa Allah Rab al-‘Alamin. Dengan melihat fenomena alam seperti itu, maka si terpelajar itu akan merasa kecil di hadapan Ilahi Rabbi, lalu ia bersyukur, tunduk dan khusyu’ dengan melakukan shalat khusyuf al-Qamar dan kusuf al-Syams. Seraya mengucapkan Rabbana Ma Khalaqta Haza Bathila Subhanaka Fa Qina Azab al-Nar. Tentu ini tidak dilakukan oleh orang awam yang tidak memahami rahasia alam ciptaan-Nya.



Itulah maka al-Qur’an selalu mendorong manusia untuk belajar dan menambah bekal ilmu pengetahuan dan menggunakan akalnya secara maksimal. Dengan kemampuan akal itu diharapkan mampu melihat Allah Swt. melalui perenungan dan pengamatan akan ciptaan-Nya. Dalam sejarahnya belum pernah ada agama yang  menaruh perhatian  sangat besar dan lebih mulia terhadap ilmu kecuali Islam. Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan agama yang lain adalah perhatiannya kepada ilmu dan ilmuwan. Agama Islam selalu menyeru dan mendorong umatnya untuk senantiasa mencari dan menggali ilmu. Oleh karena itu ilmuwan pun mendapatka perlakuan yang lebih dari Islam, yang berupa kehormatan dan kemuliaan. al-Qur’an dan al-Sunnah mengajak kaum muslimin untuk mencari dan mengembangkan ilmu serta menempatkan mereka pada posisi yang luhur (Abdul Halim Mahmud, 1979: 61-62).



            Dalam al-Qur’an, kata ‘ilm dan kata jadiannya disebutkan kurang lebih mencapai 800 kali. Al-Qardhawi dalam penelitiannya terhadap kitab Al-Mu’jam al-Mufahras li al-fazh al-Qur’an al-Karim (Fuad Abdul Baqi, tt.:469-481) melaporkan, bahwa kata ‘ilm (ilmu) dalam al-Qur’an baik dalam bentuknya yang definitif (ma’rifat) maupun indefinitif (nakirah) terdapat 80 kali, sedangkan kata yang berkait dengan itu seperti kata ‘allama (mengajarkan), ya’lamun (mereka menegetahui), ‘alim (sangat tahu) dan seterusnya, disebutkan beratus-ratus kali. Kata ‘aql (akal) tidak terdapat dalam bentuk nomina, kata benda (mashdar), tetapi yang ada adalah kata al-albab sebanyak 16 kali. Dan kata al-nuha sebanyak 2 kali. Adapun kata yang berasal dari kata ‘aql itu sendiri berjumlah 49. Kata fiqh (paham) muncul sebanyak 2 kali, kata hikmah (ilmu, filsafat) 20 kali, dan kata burhan (argumentasi) sebanyak 20 kali. Belum termasuk kata-kata yang berkaitan dengan ‘ilm atau fikr seperti kata unzuru (perhatikan, amatilah, lihatlah), yanzhurun (mereka memperhatikan, mereka mengamati dan seterusnya) (Al-Qardhawi, 1986:1-2).



Selain itu, jika kita telaah kitab-kitab hadis, semuanya penuh dengan kata-kata ‘ilm tersebut. Dalam kitab al-Jami’ al-Shahih karya Al-Bukhari kita dapati 102 hadis. Dalam Shahhih Muslim dan yang lain seperti al-Muwatha’, Sunan al-Tirmizi, Sunan Abu Daud, al-Nasai, Ibn Majah terdapat pula bab ilmu. Belum lagi kitab-kitab yang lain, misalnya Al-Faturrabbani yang memuat sebanyak 81 hadis tentang ilmu, Majma’ az-Zawaid memuat 84 halaman, al-Mustadrak karya An-Naisaburi memuat 44 halaman, al-Targhib wa ‘l-Tarhib karya Al-Wundziri memuat 130 hadis sedangkan kitab Jam’ al Fawaid Min Jami’ al-Ushul wa Majma’ al-Zawaid karya Sulaiman memuat 154 hadis tentang ilmu tersebut (Al-Qardhawi, 1986, lihat juga Weinsink, 1962: 312-339).



            Mari kita baca al-Qur’an karena ia bisa memberikan syafaat di hari kiamat. Mari kita baca al-Qur’an karena ia bisa menjadi penerang di rumah kita di tengah-tengah keluarga kita. Janganlah kita termasuk orang yang jauh dari al-Qur’an sehingga ibarat rumah kosong, tanpa penghuni, demikian pesan-pesan yang dibawakan Nabi kita Muhammad saw.



____________



            *Penulis adalah Dosen Filsafat dan Sosiologi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up