AMANAH SEKRETARIS DIRJEN PENDIS KEMENAG RI
Iffatunnida Senin, 22 Juli 2019 . in Berita . 1051 views
2293_sekdirjen.jpg

GEMA-Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Dr. Imam Syafi’i, M.Pd. secara resmi menutup Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (PIONIR) ke-9 di Lapangan Utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu malam (20/7). Acara berlangsung meriah dengan pemukulan gong dan pesta kembang api. Kemeriahan juga dirasakan oleh 3.292 atlet dan 704 official yang hadir saat itu.
Menurut Dr. Imam, penutupan PIONIR 2019 tak hanya milik mereka yang dinobatkan sebagai pemenang atau peraih medali. Namun juga milik seluruh atlet yang telah mendaftarkan diri di ajang akbar milik Kementerian Agama tersebut. “Keringat yang mereka cucurkan saat mempersiapkan lomba dan bertanding juga harus diapresiasi,” ujarnya.
Setiap kampus, lanjutnya, mengirimkan para atlet di ajang ini bukan semata untuk menjadi pemenang. Atlet didatangkan untuk menyelesaikan perlombaan. Karenanya, tidak boleh ada cemoohan bagi mereka yang belum beruntung dalam PIONIR 2019.
Selanjutnya, Imam berharap agar kampus tetap mendukung penuh para atlet yang sudah mengerahkan tenaga untuk nama kampusnya. Sehingga nantinya, para atlet tak hanya bisa berlaga di event antar PTKIN namun di event nasional dan juga internasional. “Yang pasti, jangan cuma jago kandang,” tegas pria asal Jember ini.
Pemilihan ‘Spirit of Unity’ sebagai tema PIONIR 2019, menurut Imam, sungguh filosofis. Dengan tema itu, ia ingin para atlet PTKIN bisa menjadi pemenang tanpa merasa mengalahkan, maju tanpa meninggalkan, dan juga merasa di atas tanpa menindas. “Yang menang jangan terlalu bangga. Yang kalah jangan mengeluh,” paparnya.
Mengakhiri sambutan, Imam mengutip puisi KH. Arman Ar Roisi. “Kalau boleh aku memilih, biarlah aku menjadi bintang atau rembulan yang tidak angkuh ketika bertahta dan tidak mengeluh ketika terbenam. Atau biarlah aku menjadi sang fajar yang gigih mengusir kelam, namun rela menyingkir demi matahari yang lebih terang,” deklamasinya diiringi tepukan meriah para hadirin. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up