PIONIR 2019: KENALKAN ADAT MAKASSAR
Iffatunnida Jumat, 19 Juli 2019 . in Berita . 313 views
2282_adat.jpg

GEMA-Cabang Lomba Seni Musikalisasi Hadis merupakan perlombaan perdana dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang sudah memasuki kali kesembilan ini. Kategori ini memikat 15 PTKIN se-Indonesia untuk mengirimkan delegasinya. Kegiatan yang berlangsung di depan Mabna Al Ghozali ini semakin meriah ketika memasuki tampilan terakhir, Jumat (19/7).
Dialah kontingen dari UIN Alauddin Makassar yang menyuguhkan Musikalisasi Hadis yang dikolaborasikan dengan musik etnik khas Makassar. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan pakaian adat khas Bugis, yaitu Baju Bodo. Selain dewan juri, semua pejalan kaki pun turut terbius oleh penampilan vokalis wanita yang tiba-tiba muncul setelah beberapa menit dikumandangkan seruling oleh anggota lainnya.
Nur Lita Rahmatia, sosok dibalik suara merdu yang memikat dewan juri itu mengaku tidak lama dalam menyiapkan konsep ini. Tim yang beranggotakan enam orang ini bahkan berlatih secara pribadi mulai dari pembuatan konsep sampai pemilihan hadis. “Kami mengerjakan dan latihan hanya dengan tim saja. Dosen hanya terlibat untuk memfasihkan pelafalan hadisnya,” tutur mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab itu sumringah. (aqa/nd)

Reporter: Alfiyah Qurrotu A.

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up