PIONIR 2019: PESERTA LEMPAR PISAU DIDIKAN MILITER
Iffatunnida Sabtu, 20 Juli 2019 . in Berita . 926 views
2287_pisauwin1.jpg

GEMA-Kontingen IAIN Metro Lampung berhasil menjuarai cabang olahraga lempar pisau putra Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Sabtu (20/7). Disusul UIN Sultan Syarif Kasim dan UIN Sumatera Utara. Sementera itu STAIN Bengkalis meraih emas untuk cabang putri, IAIN Metro Lampung di posisi kedua dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juara ketiga. Pengalungan medali dilaksanakan di kampus 2 UIN Malang oleh dewan juri yang berasal dari anggota TNI AD.
Rian Hidayat perwakilan IAIN Metro Lampung mengaku sudah mendalami lempar pisau sejak 2015. Ia juga sempat menjuarai cabang lomba ini untuk pertandingan tingkat region Sumatera. Ia mengaku tidak ada kendala yang berarti. “Hanya saja pisau yang digunakan berbeda dari biasanya,” ujar mahasiswa yang aktif di komunitas lempar pisau Impeesa Metro Lampung tersebut. Hal senada disampaikan perwakilan STAIN Bengkalis Anggi Taqyyah. “Persiapan hanya satu bulan, karena sudah pernah mengikuti pelatihan,” terang anggota Resimen Mahasiswa itu.

2288_pisauwin2.jpg


Sertu Riski Septian selaku juri mengatakan pisau yang digunakan peserta adalah jenis Jasat. “Pisau ini paling aman tapi juga paling sulit digunakan karena ujung saja yang menancap,” terangnya. Ada tiga jenis pisau yang dikenal di TNI AD, Pisau Jasat, Pipih, dan Kapak. “Kalau kapak semua bisa melempar, kalau pipih semua sisi bisa menancap,” terang Riski.
Ia menambahkan jarak antara peserta dengan sasaran sejauh 3 meter. “Untuk jenis pisau ini paling jauh sekitar 9 meter,” tambah Riski. Tingkat akurasi, lanjutnya lebih tinggi jika peserta memegang pisau bukan pada pegangan melainkan ujung pisau. “Kalau dilempar dari ujungnya akan menjadi dua setengah putaran dengan jarak 3 meter pasti menancap,” tambahnya. Teknik melempar juga perlu diperhatikan, pisau tidak boleh dihentakkan tapi dihantarkan. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up