FAKTOR X UNTUK SUKSES DI ERA INDUSTRI 4.0
Iffatunnida Selasa, 13 Agustus 2019 . in Berita . 865 views
2339_ceojp.jpg

GEMA-Era industri 4.0 menjadi topik utama materi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) hari pertama, Selasa (13/8). Berlangsung di Aula Gedung Sport Center, materi dinarasumberi oleh Direktur Jawa Pos Kurniawan Muhammad.
Menurutnya, era ini ditandai dengan munculnya fenomena Social Machine dan Internet of Thing. "Mesin-mesin canggih berinteraksi satu sama lain layaknya manusia di sosial media," jelasnya. Kurniawan menambahkan, berdasarkan informasi dari International Data Corporation Indonesia, tiga tahun lagi 93 persen pekerjaan manusia akan tergantikan oleh mesin, hanya 7 persen yang bertahan. "Sudah ada mesin untuk konsultasi hukum dan pendeteksi kanker di Amerika dan Cina," tutur pria kelahiran 1973 tersebut. Sehingga, kebutuhan sumber daya manusia juga akan berkurang.
Kurniawan berpesan agar mampu bersaing di era ini mahasiswa harus senantiasa berikhtiar lahir dan batin. Ikhtiar batin dengan meningkatkan ketakwaan dan mencari keberkahan. Yaitu dengan bersyukur, amal saleh, dan berinteraksi dengan para ulama dan kiai. "Konsep berkah inilah yang tidak dipahami kaum barat, mereka menyebutnya faktor X," tegasnya. Ia menambahkan, Allah akan menjamin nasib orang bertakwa sehingga tidak bingung dengan perubahan yang muncul.
Ikhtiar lahir dimulai dari menemukan konsep diri. "Capailah apa yang orang tua harapkan melalui makna dari nama yang mereka berikan ke kalian," jelas lulusan UB itu. Kedua dengan menjadi mahasiswa yang brilian, yaitu cerdas, cerdik, dan cemerlang. Mahasiswa diharapkan bisa menguasai suatu ilmu dan tau kapan digunakan. Keahlian multitasking juga perlu diasah. "Selain itu, kalian juga harus terbiasa menyusun target dan mencapainya," jelas Kurniawan. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

Fotografer: Ach. Basofi

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up