INTEGRASI CIRI SPESIAL KAMPUS HIJAU
Iffatunnida Rabu, 14 Agustus 2019 . in Berita . 719 views
2349_pbakday2.jpg

GEMA-Di hari kedua Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag. mengenalkan visi-misi kampus kepada mahasiswa baru. Selain itu, rektor juga menceritakan sejarah kampus hijau. Tampak hadir pula empat wakil rektor pada acara yang diselenggarakan di Sport Center tersebut, Rabu (14/8).
Sebagai perguruan tinggi Islam negeri, papar Prof. Haris, UIN Malang memiliki visi terwujudnya pendidikan tinggi integratif dalam memadukan sains dan Islam di kancah global. Karena itu, kampus tidak ingin menjadi perguruan tinggi yang dikotomi. "Kita tidak akan memisahkan sains dan ajaran Islam," tegasnya.
Ayat al Quran pertama yang turun, lanjutnya, mengandung makna Islam sangat menjunjung tinggi sains. "Ayat selanjutnya menjelaskan sains tidak boleh kosong dari nilai-nilai agama," tutur rektor kelahiran Lamongan tersebut.
Untuk mewujudkan visi tersebut, setidaknya ada dua misi yang diprioritaskan. Pertama ialah mencetak sarjana yang berkarakter ulul albab. Lulusan kampus ini diharapkan bisa senantiasa mengaitkan segala sesuatu dengan Allah. Selain itu, mahasiswa harus berpikir tentang apa yang ada dan mungkin ada. "Karena sangat mungkin hal-hal yang menjadi objek itu tidak kasat mata," jelasnya.
Misi yang kedua, masih kata Prof. Haris, menghasilkan sains dan teknologi yang relevan dan berdaya saing tinggi. tidak hanya menggunakan dan mengadopsi saja, namun juga berinovasi. UIN Malang dalam mewujudkan integrasi sains dan Islam memadukan pola pendidikan pesantren dan perguruan tinggi. Pesantren mewujudkan adanya keagungan akhlak dan kedalaman spiritual. "Sedangkan perguruan tinggi memiliki karakteristik keluasan ilmu dan kematangan profesional," jelasnya menutup kuliah tamu. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up