MOTIVASI WR 1 UIN MALANG UNTUK MAHASISWA BARU
Iffatunnida Rabu, 14 Agustus 2019 . in Berita . 1358 views
2345_pbak3.jpg

GEMA-Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang Dr. M. Zainuddin, MA. memberikan motivasi belajar kepada seluruh mahasiswa baru di hari kedua Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) 2019, Rabu (14/8). Memasuki babak baru sebagai mahasiswa, niat adalah hal utama yang harus diperbaiki. Karena menurutnya, niat lah yang menjadi awal segala perbuatan kita.
Niat yang tulus dan ikhlas, kata Zainuddin, akan mendapat ridho Allah. Apalagi jika niatnya adalah untuk ilmu. “Mahasiswa baru harus mulai memperbaiki niat untuk mencari dan mengajarkan ilmu hanya karena Allah,” tuturnya. Ia menambahkan, ilmu yang berkah, nantinya akan mendatangkan keberkahan bagi pencarinya. “Tidak cuma itu, ilmu itu nanti yang akan memberi manfaat bagi kalian, sehingga kelak kalian tidak akan risau harus mencari kerja dimana karena hakikatnya, pekerjaan lah yang akan mencari orang berilmu,” jelasnya.

2346_pbak4.jpg


Menjadi mahasiswa UIN Malang, masih kata Zainuddin, memiliki banyak kewajiban dan kemampuan. Setidaknya, ada empat hal dasar yang harus dikuasai. Yaitu, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, al Quran, dan kitab kuning. “Untuk itu, selain niat, harus ada tekad,” lugasnya.
Tekad ini, menurutnya, akan menjadi modal seorang mahasiswa untuk tidak gampang menyerah. Apalagi malas-malasan. “Karena tekad juga lah yang akan memberi kalian semangat untuk mencetak prestasi selama kuliah,” ucap pria berkacamata ini.
Mengakhiri sambutan motivasinya, ia menjelaskan beberapa tipologi mahasiswa. Pertama, kreativitas intelektual. Yaitu mahasiswa yang moncer di bidang akademik. Kedua, kreativitas sosial. Yakni, mereka yang kurang di bidang akademik namun sangat baik berorganisasi. Ketiga, gabungan tipe pertama dan kedua artinya kedua bidang seimbang. “Saya tidak mau, mahasiswa baru 2019 menjadi tipe yang keempat, yaitu yang tidak memiliki kreativitas intelektual dan sosial,” pesannya. (ofi/nd)

Reporter: Ach. Basofi
Fotografer: Putut Wahyu H.

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up