GENBI UIN MALANG BENTUK TAMAN BACA
Iffatunnida Senin, 23 September 2019 . in Berita . 1439 views
2409_genbi1.jpg

GEMA-Tidak berhenti dengan program BI Corner, Bank Indonesia wilayah Malang bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) Koordinator Komisariat (Komkor) Malang terus menggalakkan kegiatan sosial pendidikan. Asisten Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan (FK3) BI wilayah Malang Ratu Umairoh Balqis meresmikan taman baca yang dibentuk GenBI di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Merjosari, Minggu (22/9). Program kerja yang diprakarsai GenBI Komisariat UIN Malang ini merupakan yang kedua, setelah taman baca on the road di Alun-Alun Kota Malang.
Dengan adanya taman baca, kata Balqis, program BI dapat bermanfaat bagi masyrakat sekitar wilayah kerja. “Sebelumnya kita mengadakan GenBI Mengajar untuk anak-anak jalanan,” ujarnya. Kegiatan ini, didukung dana program sosial Bank Indonesia wilayah Malang. Selain bermanfaat untuk masyarakat, diharapkan program seperti ini bisa meningkatkan softskill penerima beasiswa BI. Rencananya, akan diadakan kembali taman baca on the road berlokasi di car free day Malang.

2410_genbi2.jpg


Ketua pelaksana Abdul Haris Ubaydillah menjelaskan taman baca ini bertema Let’s Read, Be Smart! untuk memotivasi anak-anak panti asuhan agar lebih giat belajar. Hal senada disampaikan Ketua GenBI Korkom Malang Rizki Kurniawan. “Harapannya kita bisa mengadakan kegiatan berkelanjutan di sini, seperti mengajar,” tutur Rizki. Pihak pengurus panti, Ustad Qori berencana membuka taman baca ini untuk warga sekitar. “Tidak hanya digunakan oleh anggota panti asuhan, namun juga bisa dinikmati warga,” jelasnya.
Acara peresmian dimeriahkan dengan beberapa penampilan dari anak-anak panti asuhan, seperti al banjari, tari garuda, juga musikalisasi hadis. Selain itu, GenBI juga mengadakan praktik membuat buket snack. Tidak berhenti disitu, BI wilayah Malang memanfaatkan momen ini untuk edukasi uang rupiah dan tugas-tugas Bank Indonesia melalui video dan game edukatif. Lira Anggraini, salah satu anggota panti asuhan mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Tempat ini memang biasa kita pakai belajar, tapi sekarang lebih nyaman,” ujar siswi kelas delapan tersebut. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up