URUS JURNAL: PROSES HINGGA AKHIR
Iffatunnida Kamis, 12 September 2019 . in Berita . 552 views
2382_sala2.jpg

GEMA-Dalam Workshop Peningkatan Kualitas Pengelola Jurnal yang dilaksanakan di Kota Salatiga, panitia khusus mengundang Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., Editor In-Chief IJIMS (Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies) IAIN Salatiga, Rabu (11/9). Dalam sesinya, ia menjabarkan sejarah jurnal yang dikelolanya hingga bisa mendapatkan capaian yang memuaskan.
Pria yang baru dilantik sebagai rektor IAIN Salatiga ini memaklumi jika ada yang patah semangat di tengah mengelola jurnal. “Berarti kurang sabar,” kelakarnya. Ia menambahkan, tidak semua orang memiliki niat dan nyali mengelola jurnal. “Makanya ada istilah ORIGINAL yaitu orang gila jurnal,” imbuhnya.
Istilah ini muncul karena mengelola jurnal akan menguras waktu, energi, serta pikiran pengelola hingga mengalami stres. “Proses mengelola jurnal memang begitu, namun tidak ada yang benar-benar peduli proses yang melelahkan itu,” ujarnya.
Pasalnya, menurut Prof. Zaki, yang dilihat pihak kampus dan para penulis adalah hasil akhir. Hal tersebut cukup bisa dimaklumi pula karena keberadaan jurnal bereputasi tentu akan mengangkat martabat institusi dan juga nilai artikel yang dimuat.

2384_ijims-2019-2.jpg


Walau proses yang ditempuh panjang, lanjutnya, ia tidak ingin para pengelola jurnal terlalu nyantai. “Proses kok gak ada akhirnya,” lugas rektor dari kampus yang memiliki 15.007 mahasiswa ini. Ia berpesan agar proses yang ditempuh untuk mengembangkan suatu jurnal harus disertai dengan target. Contohnya, dalam dua tahun sudah harus terindeks Scopus.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua LP2M Dr. Tutik Hamidah melaporkan kondisi jurnal di UIN Malang. Menurut catatan lembaganya, total jurnal aktif di Kampus Ulul Albab adalah 34. “Namun hanya 17 yang sudah terindeks Sinta,” jelasnya. Kondisi ini tentu membuat pihaknya semakin getol dalam membuat forum dan membimbing para pengelola jurnal agar semangat dalam memperbaiki kualitas jurnalnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up