DARI BLOG JADI NOVEL MOTIVASI
Iffatunnida Jumat, 25 Oktober 2019 . in Berita . 1038 views
2476_novel.jpg

GEMA-Dalam acara tahunan Lingua Scholarship Week ke-3, tak hanya talkshow tentang beasiswa saja yang dibahas. Direktur Lingua Institute Munir ingin ada yang berbeda tahun ini. “Sekarang ditambah bedah buku dan TOEFL and IELTS training,” jelasnya, Sabtu (19/10).
Novel Finally, the Netherlands karya Fitria Sawardi menjadi bahan diskusi pada satu sesi. Penulis menjelaskan, ide penyusunan novel bertema beasiswa ini muncul dari blog suaminya, Irham. “Suami saya rajin menulis di blog, jadi saya kepikiran ini bagus kalau saya angkat jadi novel,” tutur Fitri.
Ia juga menambahkan, kisah Zaki, pelaku utama dalam novel juga diambil dari kisah teman-teman Fitri yang memiliki semangat tinggi untuk sukses. “Saya ingin emosi pembaca bercampur aduk lewat konflik-konflik yang muncul,” tegas dosen Bahasa Arab tersebut. Pasalnya, Zaki harus melalui lima kegagalan. Salah satunya sudah mendapat LoA dari tiga kampus namun tidak mendapat satu sponsor sekalipun.
Fitri memberikan motivasi cara menulis novel yang baik. Menurutnya, kunci utama adalah sering membaca. “Kalau mau nulis novel, baca banyak novel, kalau mau nulis puisi, ya banyak baca puisi,” tegas penulis yang mengidolakan Asma Nadia ini. Selain itu, ia juga memiliki kebiasaan membawa buku kecil dimanapun berada. Hal ini agar ia bisa menulis setiap ide yang muncul. “Saya sering terinspirasi dari lingkungan sekitar,” pungkas Fitri. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up