DIREKTUR PPB USAHAKAN JADI PROGRAM DIPLOMA
Iffatunnida Sabtu, 19 Oktober 2019 . in Berita . 630 views
2467_gawe2.jpg

GEMA-Sudah cukup lama dua program bahasa asing ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Apresiasi tinggi pun diberikan oleh seluruh petinggi kampus dari tahun ke tahun. Namun, ada hal yang masih membuat gusar Direktur Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Dr. Abdul Hamid. Yakni, menjadikan Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris dan Arab (PKPBI dan PKPBA) setara dengan Diploma Satu (D-1).
Dalam wawancara terpisah pasca Gelar Wisuda One-Year English Program di Gedung Sport Center (19/10), ia menceritakan beberapa langkah yang telah ditempuh. Secara khusus, pihaknya telah menyambangi Kantor Diknas Kota Malang untuk mendiskusikan cita-cita tersebut. “Namun, sayangnya mereka belum mengizinkan,” tuturnya.
Hal ini, menurut Hamid, karena perguruan tinggi tidak dalam ranah wewenang Diknas Kota Malang. “Eselon kita di atasnya lagi,” jelasnya. Kantor terkait kemudian menyambungkan keinginan PPB UIN Malang tersebut untuk dikomunikasikan pada Kemenristek-Dikti dan juga Kementerian Agama.
Dari sini, masih kata dosen asal Jawa Barat ini, ada beberapa hal yang disampaikan kepada PPB agar keinginan tersebut tercapai. Jalan yang harus ditempuh ialah harus mengindukkan program bahasa asing tersebut pada program studi yang selinier. “Nah, di sini kemudian kita harus menyusun borang dan sebagainya yang pasti membutuhkan waktu,” jabarnya. Karena persiapan itulah, program mendiplomakan PKPBI dan PKPBA menjadi terhambat.
Meski begitu, pihaknya tetap optimis suatu saat keinginan luhur tersebut akan didapatkan. Maka, untuk sementara, ijazah dan transkrip yang dikeluarkan PPB bisa dijadikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Artinya, mahasiswa bisa menggunakan dokumen tersebut sebagai bukti pernah mengikuti pembelajaran bahasa asing dengan nilai yang tercantum di dalamnya. (nd)

Liputan Khusus: Nida & Khafid

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up