DUA HARI LATIH MEMBER DEBAT BARU
Iffatunnida Kamis, 17 Oktober 2019 . in Berita . 506 views
2458_debat.jpg

GEMA-Advanced Debate Community (ADC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah mengadakan diklat untuk seluruh peserta open recruitment mahasiswa semester 1 dan 3. Diklat ini diadakan untuk menyambut member baru ADC sekaligus memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang akan dilalui. Diklat ini dilaksanakan selama dua hari (12-13/10) di tempat yang berbeda. Hari pertama bertempat di Auditorium Fakultas Humaniora. Sedangkan hari kedua bertempat di Kampus 2 UIN Malang. Diklat yang ke-15 ini bertemakan Be Innovative and Genius, Born to Be Active Generation, dengan jargonnya Grab the Jar, Reach the Stars, BIG BANG. Pemilihan tema didasarkan atas peran mahasiswa sekarang yaitu sebagai agent of change.
Pada diklat hari pertama diisi dengan materi pembekalan untuk member baru. Materi-materi tersebut disampaikan oleh beberapa alumni yang pernah mengikuti ADC. Salah satunya yaitu Irham, Dosen Jurusan Sastra Inggris UIN Malang. Ia menyampaikan dasar-dasar cara berdebat dan bagaimana membangun critical thinking yang benar. Selanjutnya materi disampaikan oleh Doni Cahyono, Alumni Jurusan Sastra Inggris. Ia fokus pada pengalamannya selama bergabung di ADC.
“Semua itu butuh proses dan ketekunan, saya pada awal mengikuti ADC tidak bisa berargumen lebih dari 1 menit, namun sekarang saya bisa berargumen sepanjang-panjangnya,” terang Doni.
Adapun diklat hari kedua diisi dengan debate exhibition dan scrabble game yang bertempat di Aula Kampus 2 UIN Malang. Debate exhibition didemokan oleh 8 anggota senior. Sedangkan scrabble game dimainkan oleh 8 kelompok dari member baru. “Para debater-nya sangat amazing, speakingnya lancar banget,” ujar Ricka Galuh mahasiswa semester 1. (zan/nd)

Repoter: Izzatun Nabila

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up