ICOLESS: PENGEMBANGAN WAKAF DALAM DUNIA PARIWISATA
Iffatunnida Senin, 14 Oktober 2019 . in Berita . 565 views
2453_icoless1.jpg
WAKAF: Assoc. Prof. Dr. Shafinar Ismail menyampaikan materi dalam ICOLESS di Kota Batu

GEMA-Assoc. Professor Dr. Shafinar Ismail, Wakil Rektor Universitas Teknologi Mara Malaka hadir dalam International Conference on Law, Technology, Spirituality, and Society (ICOLESS) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis (10/10). Perhelatan internasional milik Fakultas Syariah ini dilaksanakan di Hall Kusuma Agrowisata Batu.
Dalam pemaparannya Dr. Shafinar menyampaikan bahwa dunia pariwisata di Malaysia memiliki kontribusi tinggi dalam perekonomian negara. Pada akhir 2018 diperkirakan Malaysia mendapatkan keuntungan sebesar 118 Miliar Ringgit. “kami kemudian mengusulkan untuk model wakaf menjadi solusi dalam mengembangkan industri pariwisata ini,” ucap pengembang hubungan penelitian dan industri Universitas Teknologi Mara Malaka ini.
Pengembangan industri pariwisata sangat penting adanya. Didukung dengan Organisasi Pariwisata Dunia dalam peraturan Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 1996. “Semakin berkembangnya dunia industri pariwisata dalam negara, maka dapat membantu pengembangan masyarakat,” tambah Ketua Program Bidang Bioteknologi itu.
Wakaf, lanjutnya, menjadi salah satu solusi dalam keberlanjutan industri pariwisata dengan adanya empat unsur. Yakni, pemberdayaan agama, pengeluaran besar dalam pengeluaran pemerintah, distribusi penghasilan dalam ekonomi, dan perbedaan signifikan dari organisasi berbasis laba dalam hal mencapai tujuannya.
Keberlanjutan industri pariwisata ini, masih kata Dr. Shafinar, dapat dikategorikan dalam empat aspek. Salah satuya yang berhubungan dengan aspek sosial budaya didukung kesejahteraan masyarakat. “Wakaf pariwisata akan dapat menjadi salah satu solusi dalam memakmurkan masyarakat,” imbuhnya. (ofi/nd)

Reporter: Achmad Basofi

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up