ICOLTIC: PERTEMUAN PENGAJAR TIGA BAHASA
Iffatunnida Sabtu, 26 Oktober 2019 . in Berita . 805 views
2478_icoltic1.jpg

GEMA-Unit Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra di Oktober ini dengan perayaan akademik. Selama beberapa bulan, pihak PPB menyiapkan International Conference on Language Teaching and Culture (ICOLTIC), Sabtu (26/10). Acara yang pertama kalinya diadakan ini menarik minat 50 pemateri dari beragam kampus dalam dan luar Pulau Jawa untuk berpartisipasi menjadi pembicara di sesi panel.
Direktur PPB, Dr. Abdul Hamid menyatakan keunikan dari konferensi itu. Tak hanya tentang pengajaran dan budaya Bahasa Arab dan Inggris, namun juga Bahasa Mandarin. “Karena kami menaungi ketiga bahasa itu dan ada juga Bahasa Persia yang sedang kami kembangkan,” jelasnya.
Melihat minat peserta, pihaknya pun optimis bahwa ICOLTIC akan diadakan setiap tahunnya. Namun, tentu akan diadakan evaluasi mendalam terlebih dahulu terkait acara yang memang baru berlangsung perdana ini. Mengingat ICOLTIC menjadi tempat berkumpulnya akademisi dari setidaknya tiga bahasa, juga menjadi bahan yang akan dievaluasi. “Kami akan mendiskusikan lagi apakah konsepnya tetap seperti ini atau akan kami pisah per bahasa agar lebih fokus,” paparnya.

2479_icoltic2.jpg


ICOLTIC 2019 bertema New Trajectories on the Teaching of Foreign Languages in 4.0 Era. Ketua Panitia ICOLTIC Dr. Syamsudin menuturkan bahwa ada tiga tahap revolusi industri yang telah berlangsung. Beberapa tahun terakhir, dunia memasuki tahap keempat dimana merupakan era pengaruh revolusi industri. Berkembangnya teknologi secara masif dan cepat menjadi penandanya. “Maka di sinilah kita bertukar pikiran dan belajar bagaimana agar kita sebagai pengajar tetap kreatif dan inovatif menyikapi teknologi,” jelas dosen asal Yogyakarta tersebut.
Sementara itu, panitia mengundang tiga pembicara utama dari luar kampus. Yakni Prof. Utami Widiati, MA., Ph.D. (Universitas Negeri Malang), Prof. Faishol Mahmoud Adam (University of al Quran al Karim, Sudan), dan Shi Yuxin, M.Hum. MA. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta).
Sebagai pembuka acara, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, MA. hadir menyambut seluruh peserta yang hadir. Ia juga menyampaikan bahwa ICOLTIC merupakan salah satu acara penunjang visi-misi kampus yang fokus pada pengembangan kebahasaan asing. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up