KARENA MERASA DIAWASI, MAKA TERKONTROL
Iffatunnida Selasa, 29 Oktober 2019 . in Berita . 553 views
2490_semhas5.jpg

GEMA-Sebagai salah satu reviewer dalam seminar hasil penelitian dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) 2019, Prof. Dr. Muhammad Djakfar, SH., M.Ag. berbagi mengenai para peneliti tahun ini. Ditemui pasca menelaah semhas 14 judul penelitian, ia menuturkan beberapa hal.
Menurutnya, para peneliti tahun ini menunjukkan peningkatan kualitas dibanding periode yang pernah ada. Mulai dari tahap proposal, seminar antara, hingga yang terakhir seminar hasil. “Terlihat peningkatan hasilnya yang semakin membaik entah itu dari segi umum maupun personal,” imbuhnya.
Dari segi umum, ia mengapresiasi pemantauan dari Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Malang. Dengan sistem yang dibuat dan terjadwal, peneliti menjadi lebih disiplin. Sedangkan dari sisi personal, ia menilai bahwa para peneliti sangat bertanggung jawab terhadap penelitiannya.

2491_semhas6.jpg


Hal ini, masih kata Prof. Djakfar, terlihat dari makin teratur dan patuhnya penerima dana BOPTN 2019. Semua dijalankan sesuai time table yang ditetapkan Unit LP2M. Melalui agenda seperti seminar antara dan pertemuan rutin dengan pembimbing, peneliti juga menunjukkan peningkatan dalam laporan penelitiannya.
Ia menambahkan, sikap disiplin yang ditunjukkan para peneliti tentu berasal dari karakter mereka yang bertanggung jawab. “Mereka tahu bahwa hasil penelitiannya nanti dibaca banyak orang, jadi mereka tidak mungkin main-main pada prosesnya,” papar Guru Besar Bidang Ekonomi Islam tersebut.
Dari sejumlah penelitian yang ia telaah selama proses semhas, ia bersyukur tidak ada kendala berarti. “Hanya ada revisi-revisi yang termasuk dalam kategori minor, selebihnya sudah hampir sempurna,” ujarnya.
Unit LP2M mengumpulkan 152 penerima dana penelitian BOPTN 2019 untuk melakukan seminar hasil. Semhas yang dilaksanakan selama dua hari tersebut (28-29/10) bertempat di Spencer Green Hotel, Bumiaji, Kota Batu. (nd)

Reporter: Nida
Fotografer: Ajay

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up