LITERASI BUKAN HANYA BACA DAN TULIS
Iffatunnida Kamis, 17 Oktober 2019 . in Berita . 553 views
2460_literasi.jpg

GEMA-Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perpustakaan dan Ilmu Informasi mengadakan Seminar Literasi. Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium Utara lt. 4 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu (5/10). Prof. Dr. Djoko Saryono, M. Pd. adalah narasumber dari acara tersebut.
Guru besar Universitas Negeri Malang tersebut mengatakan, cukup lama membuat masyarakat mengenal literasi di Indonesia karena wilayahnya yang luas dan penduduk yang banyak. Namun hal tersebut bukanlah hambatan. Saat ini pemerintah sedang mengadakan gerakan literasi di berbagai bidang. Mahasiswa pun dapat ikut andil dengan cara KKN literasi di desa-desa terpencil. “Literasi bukanlah membaca dan menulis saja. Namun juga berpikir kritis,” tuturnya.
ketika seseorang berpikir kritis, lanjutnya, ia dapat menanyakan pertanyaan penting, mengembangkan ide, gagasan dan menemukan ide baru. “Mereka juga bisa membedakan informasi yang valid atau tidak,” jelas Ketua Perpustakaan UM ini.
Alimatul Listiyah, Ketua HMJ menyatakan bahwa pada zaman sekarang orang-orang lebih mempercayai perkataan tokoh-tokoh yang terkenal tanpa melihat data dan fakta. “Dari permasalahan tersebut diangkatlah sebuah tema Literasi di era Post-Truth,” ungkapnya. (lf/nd)

Reporter: Lailatul Fajriyah

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up