PERTIMBANGAN SEBELUM CARI BEASISWA
Iffatunnida Jumat, 25 Oktober 2019 . in Berita . 519 views
2475_beasiswa.jpg

GEMA-Lingua Scholarship Week ketiga mendatangkan dua narasumber peraih beasiswa luar negeri. Nanang Zubaidi dan Bayu Dharmala berkesempatan berbagi kisah mereka memperjuangkan beasiswa. Terlaksana di Home Theatre Fakultas Humaniora, talkshow beasiswa ini dimoderatori oleh Silmy Arizatul Humaira, peraih LPDP Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sabtu (19/10).
Nanang Zubaidi, peraih LPDP University of Melbourne mengatakan sekolah di luar negeri bukan hanya tentang belajar, tapi juga bertahan hidup. “Jadi kita harus mempertimbangkan baik-baik negara mana yang kita tuju,” tuturnya. Ia menambahkan pelajar Indonesia jangan sampai terlalu ekstrim terhadap budaya luar negeri. Tidak terlalu menutup diri, juga tidak terlalu terbawa. “Jangan mudah menggeneralisir dan men-judge pandangan orang,” jelas Nanang.
Bayu Dharmala alumni University of Murcia, Spanyol menambahkan terdapat perhimpunan pelajar Indonesia di setiap negara. “Ini sebagai wadah jika mahasiswa dari Indonesia mendapat kesulitan,” jelasnya. Langkah pertama mendapat beasiswa luar negeri menurut Bayu adalah dengan meraih Indeks Prestasi setinggi-tingginya. “Setelah itu, ikuti berbagai macam organisasi, dan dapatkan surat rekomendasi dari berbagai pihak,” ujar Bayu. Pengalaman part-time, lanjutnya, juga menunjang CV pelamar. “Apply semua beasiswa yang ada, karena dari beasiswa-beasiswa kecil, nantinya kalian akan mendapat yang lebih besar,” pungkasnya. (ir/nd)

Reporter: M. Khairul Huda

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up