SETELAH SEMHAS, TERBIT DI JURNAL ILMIAH
Iffatunnida Senin, 28 Oktober 2019 . in Berita . 553 views
2485_semhas1.jpg

GEMA-Seluruh penerima dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) 2019 memasuki tahap akhir yakni Seminar Hasil (semhas). Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengumpulkan para peneliti dan mengundang reviewer selama dua hari di Spencer Green Hotel, Bumiaji, Kota Batu (28-29/10). Setiap grup riset mempresentasikan hasil penelitiannya di depan reviewer. Reviewer berhak menanyakan dan meminta peneliti untuk merevisi hal-hal yang dianggap kurang.
Ahmad Abtokhi, Sekretaris Unit LP2M mengungkapkan ada 152 penelitian yang diuji bergantian. Hasil riset tersebut dibagi menjadi 11 kluster sesuai bidangnya. Menurut data yang terkumpul, sebagian besar riset ada dalam kluster Penelitian Pembinaan/Peningkatan Kualitas. "Total 50 riset di kluster ini, selanjutnya yang kedua di kluster Penelitian Dasar Interdisipliner sebanyak 37," paparnya.

2486_semhas2.jpg


Ia melanjutkan, para penerima dana riset BOPTN 2019 harus menyerahkan dan mengunggah beberapa hal. "Seperti berkas-berkas hasil penelitian juga draf anggaran untuk laporan dana bantuan," imbuh warga Karangploso itu. Seluruh berkas yang disyaratkan, harus diunggah di laman resmi Litapdimas.
Abtokhi juga menuturkan bahwa para peneliti wajib mempublikasikan hasil risetnya dalam jurnal ilmiah. "Itu outcome yang diminta pemberi dana riset," jelasnya. Level jurnal yang dituju disesuaikan dengan kluster penelitian. Jika dana yang diberikan besar, maka jurnal yang dituju harus sudah terindeks Scopus. Jika sebaliknya, maka cukup jurnal yang terakreditasi Sinta 2. Peraturan tersebut sudah tertulis di pedoman yang sudah dimiliki penerima dana riset BOPTN 2019.
Sementara itu, reviewer Semhas Penelitian BOPTN 2019 tak hanya berasal dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Unit LP2M juga mengundang beberapa reviewer dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Reviewer dipilih sesuai bidang keilmuan yang diampu. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up